Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:46 WIB | Selasa, 18 Februari 2014

Bangunan Runtuh di Korea Selatan, 10 Meninggal, Ratusan Terluka

Tebalnya salju diduga membuat atap bangunan runtuh. (Foto: dari bbc.co.uk)

SEOUL, SATUHARAPAN.COM - Sedikitnya 10 orang meninggal  dan 100 lainnya terluka serius akibat bangunan runtuh di sebuah resor di Gyeongju, Korea Selatan, Senin (17/2). Sementara  10 orang masih terjebak di bawah reruntuhan.

Lebih dari 560 orang diyakini menghadiri pertemuan di kota Gyeongju ketika bagian dari auditorium runtuh ke dalam. Sembilan dari mereka yang meninggal adalah mahasiswa.

Pemadam kebakaran menduga bangunan runtuh karena tebal dan beratnya  salju di atap. Dan cuaca juga diduga telah memperlambat upaya penyelamatan.  Di kawasan itu telah terjadi hujan salju yang sangat lebat selama sepekan terakhir.

Struktur auditorium itu rusak ketika acara orientasi untuk mahasiswa tahun pertama dilakukan  oleh sebuah universitas yang berlokasi di selatan kota Busan .

"Kami berasumsi bahwa bagian tengah bangunan tidak mampu menahan beratnya salju, sehingga runtuh," kata petugas pemadam kebakaran Kim In- yoo.

Seorang juru bicara Departemen Keamanan dan Administrasi Publik mengatakan kepada wartawan,  "Sepuluh orang dipastikan meninggal, dua luka berat dan 101 lainnya menderita memar dan luka."

Tim penyelamat terus mencari korban di tengah puing-puing pada hari Selasa untuk menolong korban yang terperangkap di dalam  reruntuhan.

Media setempat melaporkan bahwa  bangunan itu runtuh pada sekitar pukul 21:15 waktu setempat. Di mana di dalamnya  adalah sejumlah besar mahasiswa dari Busan University of Foreign Studies yang berada di Mauna Ocean Resort, kata seorang pejabat. Namun  banyak di antara mereka berhasil keluar dari bangunan yang runtuh.

"Langit-langit bangunan runtuh di depan dekat panggung," kata seorang mahasiswa pada saluran berita Korea Selatan YTN. "Lalu terjadi kekacauan dan semua orang berdesakan menuju pintu keluar, berteriak dan menjerit," kata dia menambahkan.

Bangunan itu sendiri tergolong modern dengan struktur fabrikasi, namun polisi setempat dilaporkan mempertanyakan mengapa salju tidak dibersihkan dari atap sebelum pesta dimulai.

Gyeongju adalah sebuah kota bersejarah yang menjadi ibu kota dari salah satu kerajaan kuno di semenanjung  Korea, dan merupakan tujuan wisata yang terkenal.

Salah satu kasus terburuk runtuhnya bangunan di dunia terjadi di Korea Selatan pada bulan Juni 1995, ketika Seoul Sampoong Department Store runtuh dan mengakibatkan ratusan orang meninggal. (AFP/BBC)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home