Loading...
SAINS
Penulis: Eti Artayatini 08:38 WIB | Kamis, 28 April 2022

Bantu Penderita DBD, SMAK 1 PENABUR Gelar Aksi Donor Darah

Bantu Penderita DBD, SMAK 1 PENABUR Gelar Aksi Donor Darah
Sylviana Chrisyan, Kepala SMAK 1 PENABUR beserta PMI melaksanakan aksi donor darah, Rabu (27/4) di Jakarta. (Foto-foto: PENABUR)
Bantu Penderita DBD, SMAK 1 PENABUR Gelar Aksi Donor Darah

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-SMAK 1 PENABUR, Jakarta bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat pada hari Rabu (27/4) mengadakan aksi donor darah dengan tema "Your Blood Saves Lives"

Kegiatan donor darah ini rutin dilakukan minimal satu tahun sekali. Namun, karena Pandemi COVID-19 kegiatan tidak bisa dilaksanakan rutin seperti biasanya. "Selain bekerja sama dengan PMI Jakarta Barat, biasanya kami juga bekerja sama dengan alumni SMAK 1 PENABUR yang berprofesi sebagai dokter. Tetapi pandemi membuat kami tidak bisa melakukan aksi donor darah. Saat ini, karena situasi pandemi sudah lebih membaik dan ada kesempatan, jadi kami melakukan aksi donor darah kembali di tahun 2022 ini." kata Sylviana Chrisyan, Kepala SMAK 1 PENABUR.

“Kegiatan donor darah saat ini untuk membantu kebutuhan darah dari pihak PMI, karena banyak yang terkena demam berdarah (DBD), kebutuhan transfusi darah, dan juga kebutuhan untuk persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022 pada bulan Mei mendatang," katanya, seperti disampaikan Humas BPK PENABUR Jakarta.

Sebanyak 60 orang telah mendaftarkan diri mengikuti aksi donor darah termasuk, pendidik, alumni dan peserta didik yang sudah berusia 17 tahun. Mereka mendaftar melalui google form yang telah disebarkan pihak sekolah sebelumnya. Jumlah tersebut akan terus bertambah terlihat dari antusiasme peserta yang menelepon dan datang langsung.

Keterlibatan peserta didik sebagai panitia maupun peserta donor darah, bertujuan untuk meningkatkan kepedulian peserta didik kepada sesama yang membutuhkan pertolongan, dan belajar untuk bisa menjadi berkat bagi orang lain melalui hal sekecil apapun. Mereka belajar mengorganisir kegiatan di sekolah dan berinteraksi dengan pihak eksternal seperti PMI Jakarta Barat, tambahnya.

"Saya baru pertama kali terlibat dalam kegiatan donor darah yang diadakan di SMAK 1 PENABUR dan sangat terkesan dengan pelaksanaannya yang tertib. Semoga darah yang saya transfusikan bersama para peserta donor lainnya dapat berguna bagi mereka yang membutuhkan." tutur Kenoah Kovara, peserta didik kelas XII.

Sylviana Chrisyan juga berharap kegiatan donor darah dapat mendorong peserta didik menjadi profil lulusan BEST, salah satunya Share with Society yakni peduli kepada orang lain, lingkungan sekitar, dan dapat melakukan hal berdampak bagi sesama.

"Ini merupakan ke 45 kalinya saya mengikuti kegiatan donor darah. SMAK 1 PENABUR juga sudah rutin mengadakan kegiatan donor darah setiap tahunnya. Saya berharap semoga kegiatan donor darah dapat berguna bagi orang lain, terutama pada bulan puasa di mana stok darah menipis dan juga menjelang hari raya Idul Fitri 2022." kata Tonny Widya, seorang tenaga pendidik.

"Semoga kegiatan donor darah di SMAK 1 PENABUR dapat terus menjadi kegiatan rutin karena bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri dan tentunya untuk kebutuhan orang banyak. Terima kasih kepada SMAK 1 PENABUR yang sudah melaksanakan kegiatan secara rapih dan tertib dengan mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah." ujar Masduki, Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Barat 2 sekaligus pengurus PMI Jakarta Barat yang hadir langsung di acara itu.

Editor: Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home