Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:33 WIB | Sabtu, 12 Juli 2014

Basuki Harap Pembangunan Stadion BMW Terealisasi

Basuki Harap Pembangunan Stadion BMW Terealisasi
Basuki Tjahaja Purnama (kiri), semasa masih menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Joko Widodo (kanan). (Foto-foto: Prasasta).
Basuki Harap Pembangunan Stadion BMW Terealisasi
Ratiyono, Kadisorda DKI Jakarta tatkala memberi pengarahan pada Kejuaraan Renang Provinsi DKI Jakarta di Kolam Soemantri Brodjonegoro, Mei 2014.
Basuki Harap Pembangunan Stadion BMW Terealisasi
Bagian luar Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama meminta kepada Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda (Kadisorda) Provinsi DKI Jakarta, Ratiyono pada Jumat (11/7) siang di kantor Gubernur, agar segera mulai pembangunan Stadion BMW (Bersih Manusiawi Wibawa) yang menurut rencana berlokasi di Jakarta Utara.

Basuki menyarankan demikian dalam hubungannya dengan agenda pengajuan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2019. Pada hari yang sama, Basuki mengadakan pertemuan dengan jajaran KOI (Komite Olimpiade Indonesia) di bawah kepemimpinan Rita Subowo, dan KONI (Komite Olah Raga Nasional Indonesia) di bawah arahan Tono Suratman.    

“Saya sudah minta kepada Ratiyono agar taman BMW bisa segera diselesaikan agar bisa tampung 80 ribu orang supaya kita punya sebuah tempat yang baru saat pembukaan Asian Games pada 2018 nanti,” kata Basuki.

Basuki yakin Jakarta berpeluang besar menjadi tuan rumah Asian Games 2019 karena negara Vietnam telah mengundurkan diri.

“Setelah Bung Karno menyelenggarakannya pada tahun 1962, kita juga punya ambisi dong menyelenggarakan Asian Games pada 2019,” tambah Basuki. Basuki, dalam kaitannya dengan pengajuan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games dalam waktu dekat  dia akan berangkat ke Kuwait, markas AOC (Komite Olimpiade Asia) untuk tandatangan kesepakatan.

Asian Games ke-18 semestinya digelar pada tahun 2018. Namun sejak 2009, telah diputuskan bahwa jadwalnya digeser ke tahun 2019.

Pada pemilihan tuan rumah yang diselenggarakan pada 2012, Hanoi (Vietnam) diputuskan sebagai tuan rumah, mengalahkan Surabaya (Indonesia). Namun dua bulan lalu, Hanoi menyatakan mengundurkan diri dengan alasan ekonomi.

Basuki berharap ada pembenahan infrastruktur yang berkaitan dengan sarana olahraga jika nantinya terpilih sebagai tuan rumah Asian Games terutama Stadion Gelora Bung Karno.

"Kita berharap nanti pemerintah pusat ikut membantu dalam pembenahan sarana olahraga. Sebab, Stadion Gelora Bung Karno sejak pertama kali dibangun hingga saat ini belum pernah direnovasi secara besar-besaran," kata Basuki.

Basuki menambahkan  faktor lain guna menyukseskan Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 adalah ketersediaan transportasi massal yang baik.

Untuk itu, pembangunan MRT, LRT, jalur lingkar layang KRL, dan sistem bus kota sudah dapat beroperasi pada 2016 atau 2017. "Mudah-mudahan pembangunan enam ruas jalan tol juga bisa segera diselesaikan,” tambah Basuki. (beritajakarta.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home