Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 21:04 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Basuki Klaim Banjir Tahun Ini Tidak Separah Tahun Kemarin

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Kartika V.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menjelaskan dulu hujan setengah hari saja jalan Sudirman–Thamrin tergenang, sekarang hujan berhari-hari tidak ada genangan sama sekali.

“Dulu hujan setengah hari gede saja, Sudirman–Thamrin tergenang semua, ini hujannya bermalam-malam, mengerikan lho hujannya, kok tidak ada genangan sama sekali,” ujar Basuki di Balai Kota, Rabu (15/1).

Dia menjelaskan perbaikan kondisi tersebut itu karena semua sistem pengendalian banjirnya telah berjalan, terutama pengoperasian pompa, sebut saja misalnya di Waduk Melati Tanah Abang, Ancol, Pademangan sudah tidak banjir lagi.

Hanya saja untuk saat ini yang masih banjir di Sunter menurut Basuki. Hal tersebut karena banyaknya pemukiman kumuh yang masih belum bisa pihaknya ditertibkan.

“Masalahnya di Sunter tidak mau ditutup, kan orang bikin rumah kumuh nih, saluran airnya dibobok, begitu hujan naik airnya. Kita tidak pernah penjarain orang, tapi saya sudah bilang sama wali kota baru (wali kota Jakarta Utara, Heru Budi Hartono), penjarain semua kalau kayak begitu.

Basuki berharap tanggul tidak ada yang jebol pada musim hujan tahun ini, dan pompa tidak ada yang mati dalam pengoperasiannya, karena semua mesin pompa telah pihaknya perbaharui, jadi pasti lebih baik.

Meskipun demikian, modifikasi cuaca tetap diperlukan, karena pihaknya mengaku tidak mau ambil risiko. “Lebih baik buang 20 miliar, daripada banjir 20 triliun, rugi.” ujar dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home