Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:30 WIB | Jumat, 30 Desember 2022

Benjamin Netanyahu Dilantik sebagai Perdana Menteri Israel

Perdana Menteri Israel yang ditunjuk, Benjamin Netanyahu, menyesuaikan topi skull-nya setelah berbicara di sesi khusus parlemen Israel, untuk menyetujui dan bersumpah dalam pemerintahan sayap kanan yang baru, di Yerusalem pada hari Kamis, 29 Desember 2022. (Foto: AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Benjamin Netanyahu dilantik sebagai Perdana Menteri Israel setelah pemungutan suara di parlemen pada hari Kamis (29/12) yang menghasilkan pemerintahan paling kanan dalam sejarah negara itu.

Netanyahu dilantik beberapa menit setelah pemerintahan barunya disetujui, dengan 63 deputi dari 120 suara mendukung pemerintahan tersebut.

Netanyahu membentuk pemerintahannya setelah menandatangani perjanjian dengan partai-partai ultra-Ortodoks dan partai-partai dari sayap kanan.

AS Akan Kerja Sama dengan Netanyahu

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan pada hari Kamis bahwa dia berharap dapat bekerja sama dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, dan mempromosikan perdamaian regional, termasuk antara Israel dan Palestina, dengan pemerintah Israel yang baru.

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Perdana Menteri Netanyahu, yang telah menjadi teman saya selama beberapa dekade, untuk bersama-sama mengatasi banyak tantangan dan peluang yang dihadapi Israel dan kawasan Timur Tengah, termasuk ancaman dari Iran," kata Biden dalam sebuah pernyataan.

“Seperti yang kami lakukan sepanjang pemerintahan saya, Amerika Serikat akan terus mendukung solusi dua negara dan menentang kebijakan yang membahayakan kelangsungannya atau bertentangan dengan kepentingan dan nilai bersama kami.”

Netanyahu, yang memiliki hubungan tegang dengan presiden AS terakhir dari Partai Demokrat, Barack Obama, dilantik pada Kamis, memimpin pemerintahan paling kanan dalam sejarah Israel.

Dalam pemerintahan, orang keenam Netanyahu, termasuk tokoh ekstrem kanan seperti Itamar Ben-Gvir, yang pernah menggantung potret di rumahnya seorang pria bersenjata yang membantai jemaah Palestina dan sekarang akan menjabat sebagai menteri keamanan nasional.

Saat Netanyahu membentuk koalisi, Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan pemerintahan Biden akan menilai kabinet berdasarkan "kebijakan yang mereka kejar, bukan kepribadian yang kebetulan membentuk pemerintahan".

Pejabat AS mengatakan mereka berharap untuk mendorong moderasi di pihak Netanyahu dengan segera mengadakan pertemuan antara menteri luar negeri Israel dan negara-negara Arab yang mengakui negara Yahudi.

Tiga negara Arab, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Maroko, menormalkan hubungan dengan Israel pada tahun 2020 di bawah Netanyahu, yang menganggap apa yang disebut Abraham Accords sebagai pencapaian puncak, seperti yang dilakukan oleh Presiden AS,  Donald Trump, saat itu.

Biden mengatakan Amerika Serikat "sedang bekerja untuk mempromosikan kawasan yang semakin terintegrasi, makmur, dan aman, dengan manfaat bagi semua rakyatnya."

Dalam pukulan halus pada saran sebelumnya oleh Netanyahu bahwa Abraham Accords menunjukkan sudah waktunya untuk beralih dari diplomasi yang berpusat pada masalah Palestina, Biden menyerukan untuk bekerja pada “visi yang lebih penuh harapan tentang suatu wilayah yang damai, termasuk antara Israel dan Palestina.” (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home