Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:23 WIB | Sabtu, 19 November 2022

Azerbaijan Buka Kedutaan Besar di Israel

Bendera Azerbaijan dan Israel. (Foto: Twitter)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Israel pada hari Jumat (18/11) menyambut keputusan Azerbaijan untuk membuka kedutaan besarnya di Tel Aviv, tiga dekade setelah kedua negara menjalin hubungan diplomatik.

"Parlemen Azerbaijan membuat keputusan bersejarah untuk membuka kedutaan Azerbaijan di Tel Aviv, Israel," kata kantor Perdana Menteri, Yair Lapid, yang akan berakhir masa jabatannya, tanpa memberikan rincian kapan langkah itu akan dilakukan.

"Saya menyambut keputusan itu," kata perdana menteri dalam sebuah pernyataan.

Israel memiliki kedutaan besar di Baku, dengan Azerbaijan membuka kantor perdagangan di Tel Aviv pada Juli 2021, dan kantor pariwisata pada Maret 2022.

Bulan lalu, Menteri Pertahanan Israel, Benny Gantz, mengunjungi Azerbaijan dan bertemu dengan Presiden Ilham Aliyev.

Keputusan Azerbaijan untuk membuka kedutaan adalah “hasil dari upaya pemerintah Israel untuk membangun jembatan diplomatik yang kuat dengan dunia Muslim,” kata Lapid.

Itu terjadi setelah sekutu dekat Azerbaijan, Turki, menunjuk seorang duta besar untuk Israel awal bulan ini untuk pertama kalinya dalam empat tahun, dalam langkah terbaru menuju normalisasi hubungan yang masih diselimuti oleh penyerbuan kapal bantuan Turki yang menuju Gaza pada tahun 2010 oleh Israel.

Israel mengakui Azerbaijan tak lama setelah mendeklarasikan kemerdekaannya di tengah pecahnya Uni Soviet pada tahun 1991.

Azerbaijan berbagi perbatasan sekitar 700 kilometer (430 mil) dengan musuh bebuyutan Israel, Iran, dan telah menjadi pembeli utama sistem senjata Israel.

Menurut laporan tahun 2021 oleh Stockholm International Peace Research Institute (Sipri), Israel telah menjadi pemasok utama senjata ke Azerbaijan dalam beberapa tahun terakhir, dengan penjualan lebih dari US$ 740 juta (Setara Rp 11,5 triliun) melampaui penjualan Rusia.

Penjualan senjata Israel menarik kecaman diplomatik dari Armenia selama perang tahun 2020 dengan Azerbaijan di mana ia menderita kerugian teritorial yang signifikan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home