Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:29 WIB | Selasa, 10 Maret 2015

Berbaikan dengan AS, Wisman ke Kuba Naik 16 Persen

Turis di Kuba (Foto:cnbc)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM – Kunjungan wisatawan ke Kuba meningkat 16 persen pada Januari dari periode yang sama tahun lalu menyusul normalisasi hubungan dengan Amerika Serikat, menurut laporan pejabat terkait pada Senin (09/03).

Kunjungan wisatawan Kanada, yang mencapai hampir 50 persen dari total 371.160 wisatawan di Kuba, meningkat 15,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu, menurut laporan Badan Statistik Nasional Kuba (ONE).

Namun, jumlah wisatawan Amerika Serikat juga besar. Tercatat 75.435 wisatawan melancong ke Kuba pada Januari dibandingkan periode yang sama tahun lalu yakni 66.195 wisatawan.

Wisatawan asal Jerman, Inggris, Prancis dan Italia juga mampu mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara ke Kuba.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Kuba Raul Castro pada Desember tahun lalu mengumumkan bahwa kedua belah pihak akan menormalisasi hubungan setelah kebekuan hubungan diplomatik pada 1961 dan pascaembargo AS selama setengah abad.

Berdasarkan proses normalisasi, Obama hingga saat ini baru melonggarkan pembatasan perjalanan sehingga memungkinkan warga negara AS dari 12 kategori, termasuk kunjungan keluarga, riset, jurnalisme, pendidikan, agama atau pertukaran budaya, untuk mengunjungi Kuba tanpa perlu meminta izin terlebih dahulu. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home