Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:04 WIB | Jumat, 23 Januari 2015

Jadwal Pembukaan Kembali Kedubes AS-Kuba Belum Ditetapkan

Ilustrasi bendera AS dan Kuba. (Foto: istimewa)

HAVANA, SATUHARAPAN.COM – Para pejabat Amerika Serikat dan Kuba belum menetapkan tanggal untuk membuka kembali kedutaan besar mereka dalam perundingan bersejarah pada Kamis (22/1), namun setuju untuk bertemu kembali membahas isu tersebut, kata pejabat AS dan Kuba.

“Saya tidak bisa mengatakan kapan tepatnya (pembukaan kembali kedutaan besar) akan dilakukan,” ujar Roberta Jacobson, asisten menteri luar negeri AS untuk Belahan Barat (Western Hemisphere), kepada para reporter.

Kepala delegasi Kuba Josefina Vidal mengatakan perundingan lainnya akan dilakukan nanti. Namun waktu dan tempat masih belum ditetapkan.

Jacobson, pejabat tertinggi AS yang berkunjung ke Kuba dalam 35 tahun, mengatakan bahwa pertemuan di Havana's Convention Center berlangsung “positif dan produktif,” tapi pemulihan hubungan yang terputus sejak 1961 akan membutuhkan waktu.

“Isu-isu tersebut yang menjadi bagian dari upaya normalisasi sangat kompleks dan mencerminkan perbedaan mendalam antara dua negara kami dan akan terus didiskusikan,” ujarnya.

“Kami harus mengatasi hubungan yang lebih dari 50 tahun tidak didasarkan pada keyakinan atau kepercayaan,” kata dia.

“Sehingga ada hal-hal yang kami harus diskusikan sebelum kami membangun kembali hubungan tersebut.” (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home