Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 09:27 WIB | Selasa, 10 Maret 2015

Sony PHK 1000 Karyawan Unit Selular karena Merugi

Karyawan Sony keluar dari gedung tempat mereka mengadakan rapat di Malmoe, di selatan Swedia. (Foto: straitstimes.com)

STOCKHOLM, SATUHARAPAN.COM – Raksasa elektronik Jepang Sony, Senin (09/03), mengatakan akan memangkas 1.000 pekerjaan di unit selularnya di Swedia. Perusahaan yang terkenal dengan PlayStation serta smartphoe Xperia-nya itu akan mengurangi jumlah tenaga kerjanya di kota selatan Lund dari 2.200 menjadi 1.200 karyawan.

“Kami sudah melakukan pertemuan dengan semua karyawan kami ketika CEO (Kazuo Hirai) mempresentasikan perubahan struktural mulai 1 April,” ujar CEO Sony Mobile Swedia, Bengt Arne Molin, kepada para wartawan.

Divisi seluler Sony berencana memangkas total 2.100 pekerjaan mulai Maret 2016 – sekitar 30 persen dari tenaga kerjanya – untuk menaikkan pendapatannya dari zona merah.

Pembuat ponsel dan tablet tersebut mengalami kerugian sebesar 1,2 miliar dolar Amerika (sekitar Rp15,7 triliun) di kuartal keempat 2014.

“Ini kabar menyedihkan – bagi anggota kami dan bagi bisnis kami,” menurut pernyataan dari Association of Graduate Engineers Swedia.

Sony, yang mengakuisisi pembuat ponsel Ericsson Swedia pada 2012, bergantung pada pabriknya di Lund untuk riset dan pengembangannya, ujar Molin.

“Lund akan memainkan peranan penting dalam masa depan bisnis kami – terutama dalam hal perangkat lunak, rekayasa sistem dan dukungan konsumen,” tambahnya.

Bulan lalu Sony mengatakan pihaknya telah menjual bisnis laptopnya dan mengirim bisnis televisinya yang bermasalah ke anak perusahaannya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home