Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:49 WIB | Rabu, 15 April 2015

Besok, Komisi III Gelar Fit and Proper Test Badrodin Haiti

Calon Kapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Benny Kabur Harman mengatakan pihak akan melangsungkan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) bagi calon Kapolri Komisaris Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

"Sudah diputuskan, besok, Kamis, pukul 10.00, Komisi III DPR RI akan melakukan fit and proper test bagi calon Kapolri yang diajukan Presiden," ujar Benny setelah mengikuti rapat pleno di Komisi III DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (15/4).

Benny mengatakan, dalam uji kelayakan dan kepatutan, setiap anggota Komisi III DPR RI dari masing-masing fraksi akan diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk mengajukan pertanyaan kepada Badrodin. Selain itu, Badrodin sebagai calon kepala Polri akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi dan misi.

Sementara itu, anggota Komisi III dari Fraksi PDI Perjuangan Trimedya Pandjaitan mengatakan, dalam uji kelayakan dan kepatutan, Anggota Komisi III DPR tidak akan lagi membahas mengenai laporan harta kekayaan Badrodin. Menurut dia, Komisi III DPR RI telah menerima rekomendasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

"Badrodin hanya punya waktu sedikit untuk menjabat Kapolri. Hanya 15 bulan hingga pensiun, jadi apa yang akan dia lakukan dalam waktu singkat, itu yang akan kami tanyakan," kata Trimedya.

Sambangi Rumah Badrodin

Pada Rabu (15/4) sore, Komisi III DPR RI telah menyambangi kediaman calon Kapolri Komjen Polisi Badrodin Haiti yang beralamat di Jalan M. Kahfi I Nomor 34, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Rombongan Komisi III yang dipimpin Ketua Komisi III DPR Aziz Syamsuddin tiba di rumah Badrodin pada pukul 14.15 WIB.

Beberapa anggota Komisi III yang ikut dalam rombongan di antaranya Akbar Faisal, Arsul Sani, Nasir Jamil, Patrice Rio Capella, Ahmad Basarah, Rio Capella dan Ruhut Sitompul. Badrodin dengan istri dan kedua putranya menyambut para anggota legislatif itu di depan rumahnya, dan segera mengajak mereka masuk ke dalam rumah.

Sementara Kadivhumas Polri Irjen Anton Charliyan mengatakan kunjungan anggota DPR ke rumah wakapolri merupakan bagian dari tahapan uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri.

"Untuk melihat keseharian beliau. Keluarga beliau seperti apa, karena pemimpin yang baik itu berawal dari rumah tangga. Nanti dilihat bagaimana anaknya, istrinya, bagaimana sosok Pak Badrodin sebagai panutan bagi keluarganya," tutur Anton. (Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home