Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:44 WIB | Jumat, 18 Desember 2015

BI: Pertumbuhan Ekonomi 2015 Diprediksi 4,8 Persen

Ilustrasi. Gedung Bank Indonesia di Jalan M.H Thamrin Jakarta Pusat. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara, memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 2015 berada di kisaran 4,8 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan tahun lalu yang sebesar 5 persen.

Menurut dia, perlambatan perekonomian domestik ini tidak lepas dari perkembangan kondisi ekonomi global terkini, yang juga masih menunjukkan perlambatan.

Lebih lanjut, Tirta Segara mengungkapkan, perlambatan kondisi ekonomi domestik ini terutama dipengaruhi oleh menurunnya ekspor seiring lemahnya permintaan global dan penurunan harga komoditas. Namun demikian, pertumbuhan ekonomi domestik masih ditunjang oleh konsumsi yang masih cukup kuat, baik konsumsi rumah tangga maupun pemerintah.

Sementara itu, sisi investasi menunjukkan pertumbuhan yang belum tinggi. “Sejalan dengan ekspor yang masih lemah, pertumbuhan investasi relatif terbatas,” katanya dalam keterangan resmi pada hari Kamis (17/12).

Lebih lanjut dia mengungkapkan, pertumbuhan investasi terutama terjadi pada investasi bangunan, yang ditunjang oleh realisasi proyek-proyek infrastruktur pemerintah, sedangkan investasi non-bangunan masih tumbuh terbatas. (kemenkeu)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home