Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 08:20 WIB | Jumat, 18 Maret 2016

BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi di Atas 5,1 Persen

Direktur Eksekutif BI untuk Kebijakan Moneter dan Ekonomi, Juda Agung (Foto: prabook.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Bank Indonesia memprediksi pertumbuhan ekonomi bisa melebihi 5,1 persen pada triwulan I 2016 dipicu stimulus dari percepatan realisasi anggaran pemerintah sejak awal tahun dan pemulihan konsumsi rumah tangga.

Bank sentral melihat perbaikan signifikan dari realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016, terutama untuk realisasi pagu belanja modal yang meningkat tiga kali lipat dibanding periode sama di 2015, kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI Juda Agung, di Jakarta, Kamis.

Manfaat dari stimulus belanja fiskal tersebut juga sudah timbul sejak percepatan realisasi anggaran pada triwulan IV 2015.

"Belanja modal sampai akhir Februari meningkat 300 persen (yoy) dibanding 2015, sedangkan belanja barang juga naik pesat. Ini jadi salah satu penopang pertumbuhan di triwulan I," ujarnya lagi.

Percepatan realisasi belanja modal ini termasuk realisasi dana infrastruktur yang dianggarkan Rp313,5 triliun selama 2016.

Realisasi proyek infrastruktur sejak triwulan I 2016 turut meningkatkan konsumsi swasta, meskipun peran swasta dinilai belum begitu signifikan.

Juda memperkirakan konsumsi swasta baru akan meningkat di triwulan II.

Permintaan swasta juga diharapkan meningkat seiring pelonggaran kebijakan suku bunga yang dijalankan Bank Indonesia hingga Maret 2016, dengan menurunkan bunga acuan (BI rate) menjadi 6,75 persen.

Pada sisi lain, bank sentral melihat daya beli masyarakat terus membaik.

Mengutip indeks penjualan eceran, Indeks Penjualan Riil Januari 2016 tumbuh 12,5 persen (yoy), lebih tinggi dibandingkan Desember 2015 yang tumbuh 11,4 persen (yoy).

"Adapun keyakinan konsumen juga masih pada di rentang yang optimistis pada Februari 2016," ujar Juda.

Sebelumnya, Direktur Keuangan Negara dan Analisa Moneter Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Sidqy Lego Pangesthi Suyitno juga meyakini pertumbuhan ekonomi kuartal I 2016 akan melebihi 5 persen.

Dalam kajiannya, perbaikan pola serapan anggaran menjadi kunci pendorong pertumbuhan.

Jika belanja anggaran infrastruktur terserap merata dan menyeluruh akan menyumbang 1,7 persen dari target pertumbuhan ekonomi nasional.

"Jika terus konsisten sejak triwulan pertama 2016, kita bisa kembali ke tren pertumbuhan 5,0 persen," ujarnya.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home