Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 10:58 WIB | Senin, 21 November 2016

Bila Pimpin DKI Jakarta, Sandiaga akan Siapkan Mentor UMKM

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno menjawab pertanyaan sejumlah wartawan hari Minggu (20/11) di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta. (Foto: Prasasta WIdiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan akan menyiapkan mentor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bila terpilih sebagai pemimpin Provinsi DKI Jakarta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 2017.

“Kita bisa mulai UMKM tidak perlu tunggu (saya) dilantik (sebagai wakil gubernur) karena itu adalah program partisipasi dengan masyarakat jadi kita bisa siapkan dulu pasukannya untuk menjadi mentor,” kata Sandiaga kepada sejumlah wartawan setelah dia melakukan pertemuan dengan Forum Bersama Jakarta, hari Minggu (20/11) di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

Dia mengatakan UMKM merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat. “Program One Kecamatan One Center (OKOC) akan dimulai setelah 15 Februari,” kata dia.

Warga DKI Jakarta akan memberikan suara dalam Pemilihan Kepala Daerah pada 15 Februari 2017 mendatang untuk menentukan pemimpin yang baru.

Dia menjelaskan program tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dia menjelaskan mentor tersebut  adalah kolaborasi

antara dunia usaha, komunitas dan pengusaha dan pemerintah provinsi yang ada di setiap kecamatan. Untuk memudahkan program itu, kata Ketua Umum Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) itu, akan membentuk pasukan biru yang bertugas untuk bersentuhan dengan masyarakat Jakarta.

Sebelumnya, seperti tertuang dalam visi dan misi  di kpujakarta.go.id Anies dan Sandi dalam salah satu prioritas di bidang ekonomi untuk memperbaiki kesejahteraan penduduk DKI Jakarta yakni dengan berniat membuka 200.000 lapangan kerja baru, selain itu mereka berniat membangun dan mengaktifkan 44 pos pengembangan kewirausahaan warga untuk menghasilkan 200.000 pewirausaha baru selama lima tahun.

Anies dan Sandiaga berniat memberi dukungan modal, akses ke pasar, dan menjadi mentor bagi pewirausaha yang diwujudkan dengan revitalisasi kantor kelurahan, kecamatan, wali kota, sebagai tempat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Anies-Sandi akan memberi dukungan modal awal untuk distribusi hasil produk dan jasa, dan pembekalan kapasitas bagi pewirausaha.

Pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno (Anies-Sandi) adalah pasangan yang diusung oleh Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut tiga.

Selain itu, nomor urut satu Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni (Agus-Sylvi) diusung Partai Demokrat, PKB, PPP dan PAN. Kemudian, nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat (Ahok-Djarot) diusung PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Hanura dan Partai Golkar.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home