Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 13:13 WIB | Jumat, 03 Juli 2015

Boko Haram Tembaki Warga Nigeria Setelah Salat

Korban serangan Boko Haram di Maiduguri, dekat Monguno, mendapat perawatan pada pertengahan Juni lalu. (Foto: AP)

MONGUNO, SATUHARAPAN.COM – Militan Boko Haram mendatangi sebuah desa di pinggiran kota Monguno, negara bagian Borno, Nigeria saat warga setempat sedang beribadah salat. Kemudian, setelah selesai salat, Boko Haram mulai memisahkan jamaah laki-laki dan perempuan.

Setelah dipisah, 50 militan Boko Haram kemudian mulai menembaki sekitar 48 jamaah laki-laki, 13 di antaranya terluka dan dirawat di Rumah Sakit Umum Monguno. Namun, ada beberapa orang yang berhasil melarikan diri dari insiden tersebut. Penduduk setempat juga melaporkan bahwa jamaah perempuan dibiarkan hidup.

“Banyak orang tewas dan beberapa melarikan diri. Mereka (Boko Haram) kemudian membakar desa,” kata seorang saksi mata pada hari Rabu (1/7).

“Tidak ada satu pun yang dibiarkan hidup. Bahkan, ketika beberapa teroris menunggu dan membakar sebagian besar mayat, yang lain menyerang beberapa rumah dan menembak tanpa pandang bulu para perempuan yang sedang menyiapkan makanan,” kata dia.

Serangan Boko Haram di Desa Kukawa

Dalam kejadian terpisah, militan Boko Haram juga melancarkan serangan ke rumah warga dan masjid di Nigeria timur laut pada hari Kamis (2/7) yang membuat  hampir 100 nyawa orang melayang.

“Para penyerang telah menewaskan sedikitnya 97 orang” ujar seorang penduduk dari desa Kukawa, yang menyebutkan namanya sebagai Kolo dan mengatakan bahwa dia sudah menghitung mayat-mayat tersebut, kepada AFP.

Seorang nelayan yang menyaksikan serangan pada Rabu (1/7) juga mengonfirmasi jumlah korban tewas.

“Mereka menyapu bersih keluarga paman saya... Mereka membunuh anak-anaknya, sekitar lima orang, dan membakar seluruh rumah,” ujar Kolo. (bbc.com/AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home