Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 17:07 WIB | Sabtu, 31 Mei 2014

Bolivia Resmikan Jalur Kereta Tertinggi di Dunia

Presiden Bolivia Evo Morales segmen pertama dari jalur kabel kereta tertinggi di dunia, 4.000 meter di atas permukaan laut, menghubungkan ibu kota La Paz dengan kota terdekat El Alto, melalui Pegunungan Andes. (Foto: AFP)

LAPAZ, SATUHARAPAN.COM - Presiden Bolivia Evo Morales pada Jumat (30/5) meresmikan segmen pertama dari jalur kabel kereta tertinggi di dunia, membawa penumpang dari kota ke kota sampai dengan 4.000 meter di atas permukaan laut.

Jalur kabel tersebut menghubungkan ibu kota La Paz dengan kota terdekat El Alto, melalui Pegunungan Andes yang tinggi, menawarkan pemandangan yang tertutup salju Illimani, salah satu puncak tertinggi di Bolivia.

Dibangun oleh perusahaan Austria Doppelmayr dengan nilai 234 juta dolar Amerika (sekitar Rp 2,7 triliun), jalur tersebut memungkinkan penumpang untuk melakukan perjalanan antara dua kota dalam waktu kurang dari 10 menit, dibandingkan jalur darat yang bisa memakan waktu lebih dari 30 menit.

La Paz adalah ibu kota tertinggi di dunia, dengan ketinggian 3.660 meter.

Kereta di jalur kabel tersebut pada akhirnya akan melakukan perjalanan hampir 10 kilometer. Setelah peresmian tahap pertama - yang membentang sekitar 2,6 kilometer - segmen kedua sepanjang 7,3 kilometer dijadwalkan akan diresmikan pada akhir tahun ini.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home