Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:25 WIB | Rabu, 07 September 2022

Boris Johnson Sampaikan Pidato Perpisahan sebagai PM Inggris

Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson, berbicara di luar Downing Street di London, Selasa, 6 September 2022, sebelum menuju ke Balmoral di Skotlandia, di mana ia akan mengumumkan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II. Kemudian pada hari Selasa Liz Truss secara resmi akan menjadi Perdana Menteri baru Inggris setelah audiensi dengan Ratu. (Foto: Justin Tallis/pool via AP)

LONDON, SATUHAR4APAN.COM-Masa jabatan Boris Johnson sebagai pemimpin Inggris merupakan campuran antara drama tingkat tinggi dan aib rendah. Tetapi dia meninggalkan kantornya pada hari Selasa (6/9) dengan mengangkat bahu dengan santai untuk mengucapkan selamat tinggal: "Nah, itulah, teman-teman."

Pidato terakhir perdana menteri di luar 10 Downing Street, yang disampaikan sebelum dia menawarkan pengunduran dirinya kepada Ratu Elizabeth II, adalah pidato klasik Johnson, perpaduan humor yang aneh, pengetahuan klasik, ego, dan hubungan yang elastis dengan kebenaran. Dan itu membuat banyak pengamat bertanya-tanya apakah ini benar-benar akhir bagi seorang pemimpin yang telah lama menentang gravitasi politik.

“Itu adalah pidato Boris klasik,” kata Hannah White, penjabat direktur lembaga think-tank Institute for Government. “Itu sangat terfokus pada dia dan prestasinya. Tapi saya pikir cukup jelas bahwa dia menjilati lukanya. Dia mengerti bahwa jika dia menjauh saat ini, dia akan terus menjadi sosok yang berpengaruh. Dan saya pikir dia akan menunggu waktunya.”

Bagi pendukung Johnson, pidato tersebut adalah momen untuk menyesali kepergian perdana menteri modern Inggris yang paling menghibur, dan mungkin untuk memupuk api untuk kembalinya dia. Bagi para kritikus, itu adalah pengingat mengapa pemerintahannya runtuh dalam skandal sebelum dapat memenuhi tujuan kebijakan mulia Johnson.

Bukannya Anda tahu itu dari kata-kata Johnson. Dia mengklaim keberhasilan besar bagi pemerintahannya, termasuk memimpin Inggris keluar dari Uni Eropa, mengawasi peluncuran vaksin COVID-19 tercepat di Eropa dan mengirim senjata ke Ukraina untuk membantunya melawan invasi Rusia.

Beberapa dari pencapaian itu paling bisa diperdebatkan. Johnson mengatakan dia “menyelesaikan Brexit,” tetapi konsekuensi dari perceraian Inggris yang berantakan dan sulit dari Uni Eropa akan mengguncang kedua belah pihak selama beberapa dekade. Inggris memang mencatat peluncuran vaksin yang cepat, tetapi juga salah satu dari angka kematian COVID-19 tertinggi di Eropa.

Seperti dalam pidato debutnya sebagai perdana menteri tiga tahun lalu, Johnson melukiskan visi Inggris berteknologi tinggi dan berenergi tinggi dari mimpinya, pembangkit tenaga listrik tenaga angin dan dalam penelitian dan pengembangan ilmiah. Seperti banyak hal dalam karirnya, itu adalah bagian dari kenyataan, bagian dari aspirasi.

Beberapa keberhasilan yang diklaimnya masih dalam tahap awal, seperti tiga jalur kereta api berkecepatan tinggi baru dan “reaktor nuklir baru setiap tahun.” Lainnya, seperti reformasi perawatan sosial, tetap menjadi masalah pelik bagi penggantinya, Perdana Menteri Liz Truss.

Dan ada nada pahit di tengah boosterisme. Johnson menghabiskan karir politiknya dengan mengabaikan kemarahan atas penyimpangan etika dan pernyataan ofensifnya, tetapi akhirnya diturunkan ketika sebuah skandal yang terlalu jauh, karena memberikan pekerjaan pemerintah kepada seorang anggota parlemen yang dituduh melakukan pelanggaran seksual, memicu pengunduran diri massal di pemerintahannya.

Johnson telah menjelaskan bahwa dia tidak ingin pergi. Dia mengatakan, tanpa penjelasan, bahwa dia dicopot karena partainya “mengubah aturan di tengah jalan.” Meskipun demikian, dia beralih ke salah satu kiasan klasik kesayangannya untuk bersikeras bahwa dia berencana untuk pensiun dengan anggun.

“Seperti Cincinnatus, saya kembali ke bajak saya,” kata Johnson, merujuk pada diktator Romawi yang melepaskan kekuasaan dan kembali ke pertaniannya untuk hidup damai.

Namun kiasan itu ambigu. Ahli klasik Mary Beard menunjukkan bahwa cerita kuno memiliki "sengatan dalam kisah itu." Bertahun-tahun kemudian, Cincinnatus kembali berkuasa “untuk menekan pemberontakan rakyat oleh orang-orang yang kurang mampu. "Jadi itu analogi yang berisiko," katanya kepada BBC.

Johnson bersikeras ini benar-benar akhir dari ambisi kepemimpinannya. “Saya seperti salah satu roket pendorong yang telah memenuhi fungsinya, dan sekarang saya akan dengan lembut memasuki kembali atmosfer dan jatuh tanpa terlihat di beberapa sudut terpencil dan tidak jelas di Pasifik,” katanya.

Mantan pemimpin Konservatif, William Hague, melihat itu sebagai gambaran melankolis bagi seorang pemimpin yang kesalahannya menutupi atributnya.

“Dia adalah pendorong roket yang membuat sistem pemandu gagal,” kata Hague kepada Times Radio. “Dia adalah hal yang luar biasa dalam politik, hal yang luar biasa, yang tidak perlu salah. Dan itu adalah tragedi bagi negara dan Partai Konservatif dan untuknya.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home