Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 04:55 WIB | Rabu, 09 Juli 2014

Brasil Dibantai Jerman 1-7

Brasil Dibantai Jerman 1-7
Kegembiraan pemain Jerman setelah Thomas Mueller mencetak gol pertama ke gawang Brasil. (Foto-foto: bbc.com)
Brasil Dibantai Jerman 1-7
David Luiz memegang jala gawangnya sesaat setelah kemasukan enam gol.
Brasil Dibantai Jerman 1-7
"Mohon maaf kepada semua orang, maaf kepada semua orang Brasil. Aku hanya ingin melihat orang-orang saya tersenyum. Kita semua tahu betapa pentingnya itu bagi saya untuk melihat semua orang Brasil bahagia, setidaknya karena sepak bola. Jerman lebih baik dari kami. Mereka menyiapkan lebih baik. Mereka bermain lebih baik. Ini adalah hari yang sangat menyedihkan tetapi juga hari dari mana untuk belajar," ucap David Luiz.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Brasil tak berdaya tanpa pemain andalannya Neimar Jr dan kapten Thiago Silva setelah dibantai Panser Jerman 1-7 pada laga semifinal Piala Dunia 2014 di Estadio Mineirao, Belo Horizonte Brasil, Rabu (9/7) pagi WIB yang disiarkan langsung stasiun televisi Tanah Air.

Permainan Brasil saat menghadapi Jerman kali ini sama sekali tidak terlihat bahwa mereka adalah juara dunia lima kali. Lima gol Jerman tercipta dalam 28 menit pertama di babak pertama dan dua gol di babak kedua.

Pertahanan Brasil kocar kacir diserang Mueller, Klose, Ozil. Gempurannyapun mudah dipatahkan lini belakang Jerman.

Thomas Mueller mengawali pesta gol Jerman dengan tendangan kaki kanannya yang sukses merobek jala Julio Cesar di menit 11, memanfaatkan sepak pojok Toni Kroos.

Brasil mencoba membalas di menit 17 melalui tusukan Marcelo dari sektor kanan Jerman, namun tackle cantik Philipp Lahm mampu menghentikan Marcelo tepat di kotak 16.

Bencana mendera pasukan kuning biru di depan publiknya sendiri, dalam lima menit beruntun kemasukan empat gol. Miroslav Klose mulai menambah kemenangan Jerman tepat di menit 23, lalu Kroos dua gol di menit 24 dan 25 ditambah Sami Khedira menit 28.

Jerman unggul lima gol tanpa balas hingga babak pertama usai.

Juninho, mantan gelandang timnas Brasil 1995-2003 kaget melihat permainan Brasil di 45 menit pertama.

"Saya shock. Hal ini sulit dipercaya. Permainan mereka di seluruh lapangan seperti saat latihan ketika mereka membiarkan lawan mereka bermain. Luar biasa, terutama empat pemain belakang, kita tidak bisa menutup. Mereka bebas bergerak, mengecoh begitu mudah. Rasanya sulit untuk memahami," kata Juninho, mantan gelandang Brasil dan Middlesbrough Inggris dikutip BBC saat jeda turun minum.

"Semua orang berbicara tentang Neymar, tapi Thiago dalam laga ini kita telah terjawab," tambah dia.

Memasuki babak kedua anak asuhan Luis Felipe Scolar langsung mengambil inisiatif menyerang. Upaya mereka hampir membuahkan hasil. Oscar sempat berhadapan sendiri dengan Manuel Neuer, sayang tendangannya mampu ditepis Neuer.

Konsentrasi menyerang Brasil berakibat lebih fatal, Andre Schuerrle pemain Chelsea yang masuk menggantikan Klose di awal babak kedua menambah keunggulan Jerman menjadi enam gol.

Umpan silang Philipp Lahm di menit 68 sukses dimanfaatkan Schuerrle dengan menembus jala Cesar, 0-6 Jerman unggul.

Sepuluh menit kemudian, Schuerrle yang berlari bebas tanpa kawalan mendapat umpan silang dari Thomas Muller langsung mengarahkan tendangannya ke gawang Cesar dan gol. 0-7 Brasil tertinggal di menit ke 78.

Oscar di menit 90 membuat Brazil sedikit mengurangi rasa malu dengan gol yang dia ciptakan. Satu menit kemudian wasit Marco Rodriguez meniup peluit panjang. Skor 1-7 untuk Jerman dan melaju ke final Piala Dunia 2014.  

"Ini akan sulit untuk pulih. Beberapa pemain saya pikir tidak akan kembali memakai kaus Brasil. Adalah salah jika sekarang mengkritik para pemain. Di lapangan Jerman mengajarkan kita bagaimana bermain sepak bola, kita harus belajar dari itu. 

"Jerman bermain dengan cara yang kita inginkan dalam bermain, jadi kita perlu duduk kembali, melihat apa yang salah dengan sepak bola Brasil. Terutama di akademi, cara kita mengajarkan mereka untuk bermain. Banyak perubahan diperlukan," kata Juninho usai laga.

 

Susunan Pemain:

Brasil: Julio Cesar, Maicon, Dante, Luiz, Marcelo, Gustavo, Fernandinho, Hulk, Oscar, Bernard, Fred. Cadangan: Jefferson, Dani Alves, Paulinho, Maxwell, Henrique, Ramires, Hernanes, Willian, Jo, Victor. Pelatih: Luis Felipe Scolari.

Jerman: Manuel Neuer, Lahm, Boateng, Hummels, Howedes, Schweinsteiger, Khedira, Muller, Kroos, Ozil, Klose. Cadangan: Zieler, Grosskreutz, Ginter, Schurrle, Podolski, Draxler, Durm, Mertesacker, Gotze, Kramer, Weidenfeller. Pelatih: Joachim Loew.

 

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home