Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 15:49 WIB | Kamis, 05 Februari 2015

Bus Transjabodetabek Masuk Tahap Penyerahan

Petugas mengatur pengoperasian armada bus line Transjabotabek di Teminal Kalideres, Jakarta Barat. (Foto: Antara)

TANGERANG, SATUHARAPAN.COM - Sebanyak 40 bus armada Transjabodetabek yang akan dioperasikan di Kota Tangerang, Banten, saat ini memasuki tahap penyerahan dari Kementerian Perhubungan kepada operator.

Kabid Pengembangan Sistem Dinas Perhubungan Tangerang Agus Wibowo di Tangerang, Kamis (5/2), mengatakan, ke-40 bus tersebut akan beroperasi di dua rute yakni Tangerang-Kemayoran dan Tangerang - Blok M.

Proses penyerahan tersebut ke operator, menurut Agus, akan dilanjutkan dengan pergantian pelat nomor untuk kendaraan umum. "Kendaraan sudah siap. Kita hanya menunggu proses dari kementerian selesai. Bila sudah, akan dilakukan uji coba," katanya.

Ia menargetkan 40 armada bus tersebut dapat selesai dalam waktu dekat dan bisa melayani penumpang. Dishub Kota Tangerang akan mengatur tarif dan jam operasional yang disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Ia menambahkan, dengan adanya moda transportasi massal tersebut, maka akan menjadi bagian dari solusi kemacetan.

Apalagi, warga Kota Tangerang yang pergi ke Jakarta sangat banyak dan bisa juga menjadi cara mengurai kemacetan di Ibukota Jakarta.

"Bila bus ini sudah beroperasi, masyarakat diharapkan dapat menggunakannya dan tidak lagi memakai kendaraan pribadi," katanya.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan, terminal Poris Plawad akan dikembangkan dan dilengkapi dengan tujuh moda transportasi massal. Ketujuh transportasi massal itu yakni kereta Bandara, Commuter Line, Kereta Luar Kota, Bus APTB, AKAP, Bus Rapid Transit (BRT), dan Busway.

"Kalau perlu nanti bus luar kota semuanya terpusat berhenti di Terminal Poris, dan enggak perlu macet-macetan di jalanan Jakarta," katanya.

Wali Kota Tangerang sudah berkoordinasi dengan Pemprov DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat untuk merealisasikan rencana tersebut. "Gubernur DKI juga sudah setuju," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home