Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:56 WIB | Rabu, 13 Juli 2016

Cara Mengajar Matematika di Asia akan Diterapkan di Inggris

Ilustrasi: Cara mengajar matematika Asia antara lain menggunakan objek dan gambar guna memvisualisasikan ide-ide abstrak. (Foto: bbc.com)

INGGRIS, SATUHARAPAN.COM - Ribuan sekolah dasar di Inggris akan mendapat tawaran untuk mengikuti gaya mengajar matematika cara Asia.

Pemerintah menyediakan dana sebesar £41 juta atau hampir Rp 70 miliar, untuk membantu sekolah-sekolah yang tertarik menerapkan metode yang digunakan di tempat-tempat dengan pencapaian matematika yang tinggi, seperti Shanghai, Singapura, dan Hong Kong.

Dana tersebut akan tersedia untuk lebih dari 8.000 sekolah dasar di Inggris.

Pendekatan gaya Asia dalam pengajaran matematika, sebenarnya sudah digunakan sejumlah sekolah Inggris, namun dana dari pemerintah untuk mendukung penggunaan semakin meluas.

Departemen Pendidikan mengatakan, pendekatan itu mencakup pengajaran murid-murid dalam kesatuan kelas, dengan dukungan buku pelajaran berkualitas tinggi.

Dengan demikian, fokus pada pengajaran interaktif untuk seluruh kelas dalam tempo cepat, dan bukan pada penjelasan dari guru yang diikuti dengan latihan kelompok-kelomopok kecil dalam kelas.

Selain itu, murid-murid didorong untuk menggunakan "bentuk-bentuk fisik" yang mencerminkan konsep matematika, antara lain dengan penggunaan objek dan gambar, guna memvisualisasikan ide-ide abstrak, bersama angka-angka dan lambang-lambang.

Sebagai langkah awal, sekitar 700 guru akan dilatih untuk mendukung kelas-kelas matematika lanjutan, yang pertama kali digunakan di Inggris tahun 2014. (bbc.com)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home