Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 17:05 WIB | Kamis, 12 Oktober 2023

Cegah Paket Narkoba, Polisi Sarankan Jasa Ekspedisi Gunakan Alat Screening

Dirresnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Hengki. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Kepolisian mengimbau jasa ekspedisi untuk melakukan screening ketika menerima paket. Sebab, saat ini marak terjadi penyelundupan narkoba melalui jasa ekspedisi dalam bisnis gelap narkotika.

"Itu modus sekarang, mengirim melalui paket. Paket, melalui jasa ekspedisi itu kita antisipasi," jelas Dirresnarkoba Polda Metro Jaya, Kombes. Pol. Hengki, hari Rabu (11/10/23).

Ia mengungkapkan bahwa jasa ekspedisi memiliki kelemahan yang rawan dimanfaatkan oleh pelaku narkoba. Salah satunya, tidak tersedianya alat untuk mendeteksi narkoba.

"Itu yang kelemahannya, seperti alat-alat deteksi belum ada. Alat untuk screening ini mahal sehingga (jasa ekspedisi) kita harapkan tidak menerima pengiriman barang itu dengan mudahnya," jelasnya lebih lanjut.

Ia pun menyarankan agar perusahaan jasa ekspedisi menyediakan alat screening, semisal metal detector. Jadi, begitu mendapat paket mencurigakan, pihak jasa ekspedisi bisa memberikan informasi ke aparat berwajib.

"Metal detector boleh. Kita ajak mereka kerja sama untuk mendeteksi peredaran narkoba ini, mereka yang mengirimkan paket ini melakukan pengecekan secara manual, dibuka barang-barang yang akan dikirim," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home