Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:44 WIB | Senin, 06 Februari 2023

Chad Membuka Kedutaan Besarnya di Tel Aviv, Irsael

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, (Kiri) dan Presiden Chad, Mahamat Idriss Deby Itno, mengangkat pita setelah upacara pembukaan kedutaan Chad di Israel pada 2 Februari 2023 (Foto: Haim Zach / GPO via Times of Israel)

TEL AVIV, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, bergabung dengan kunjungan Presiden Chad, Mahamat Idriss Deby Itno, di Tel Aviv pada Kamis (2/2) pagi untuk secara resmi membuka kedutaan besar negara Afrika di Israel, sebuah langkah yang dipuji oleh kedua pemimpin sebagai "bersejarah."

Pada tahun 2019, selama masa jabatan Netanyahu sebelumnya, dia dan mendiang presiden Idriss Deby Itno, ayah presiden saat ini, mengumumkan pembentukan kembali hubungan diplomatik. Chad telah memutuskan hubungan dengan Israel pada tahun 1972 karena tekanan dari orang kuat Libya, Muammar Gaddafi.

Deby senior, yang memerintah negara mayoritas Muslim itu selama lebih dari tiga dekade, tewas pada tahun 2021 di medan perang dalam perang melawan pemberontak. Putranya menggantikannya sebagai presiden.

“Ini momen bersejarah. Ini mengikuti langkah-langkah yang kami ambil dengan mendiang ayah Anda, kunjungan bersejarah saya ke Chad, dan kunjungan bersejarah Anda ke Israel sekarang, di mana kami secara resmi membuka kedutaan hari ini,” kata Netanyahu.

“Kami memperkuat kepentingan dan persahabatan bersama kami, dan mengejar perdamaian, keamanan, dan kemakmuran,” tambahnya. "Saya menyambut Anda dalam persahabatan yang luar biasa dan saya berharap dapat bertemu Anda lagi di Chad."

Mahamat Deby juga memberikan penghormatan kepada ayahnya dan Netanyahu. “Ini adalah hari yang luar biasa, hari bersejarah bagi Chad dan Israel,” katanya, mendedikasikan momen itu untuk “ayah saya, pria yang sangat berani dengan visi.”

“Kami di sini hari ini untuk secara resmi membuka kedutaan. Terima kasih kepada Tuhan dan keberanian serta visi yang (ayah saya) miliki, dan juga terima kasih kepada Anda, perdana menteri,” katanya. Dia kemudian secara resmi menyampaikan undangan kepada Netanyahu untuk mengunjungi negaranya.

Netanyahu mengadakan serangkaian pertemuan pada hari Rabu dengan Mahamat Deby, di mana dia memaparkan rencananya untuk hubungan tersebut. “Kami melihat hubungan ini sangat penting – dengan negara besar di jantung Afrika,” kata Netanyahu. “Ini adalah hubungan yang ingin kami tingkatkan ke level baru, ke ketinggian baru.”

Langkah itu datang dengan Israel dan Sudan dilaporkan bersiap untuk mengumumkan normalisasi hubungan.

Saat mendarat di Israel Selasa malam, Deby diterima di bandara oleh kepala Mossad, David Barnea. Delegasi Chad kemudian menuju ke markas Mossad di Glilot untuk pertemuan perayaan. Mossad memainkan peran sentral dalam mempertahankan hubungan diam-diam dengan Chad setelah tahun 1972, dan bekerja menuju normalisasi penuh dalam beberapa tahun terakhir. (Times of Israel)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home