Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:54 WIB | Rabu, 10 Agustus 2022

China Ancam Gunakan Kekuatan Militer untuk Penyatuan Taiwan

Seorang anggota Tentara Pembebasan Rakyat China melihat melalui teropong selama latihan militer saat fregat Taiwan Lan Yang terlihat di belakang pada 5 Agustus 2022. (Foto: dok. Xinhua/Lin Jian via AP)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China menegaskan kembali ancamannya untuk menggunakan kekuatan militer untuk membawa Taiwan yang berpemerintahan sendiri di bawah kendalinya, hari rabu (10/8). Ini dilakukan di tengah ancaman latihan militer China yang telah meningkatkan ketegangan antara kedua pihak ke tingkat tertinggi dalam beberapa tahun.

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Kantor Kabinet Urusan Taiwan dan departemen beritanya menyusul hampir satu pekan penembakan rudal dan serangan ke perairan dan wilayah udara Taiwan oleh kapal perang dan pesawat angkatan udara China.

Tindakan tersebut telah mengganggu penerbangan dan pengiriman di wilayah yang penting bagi rantai pasokan global, memicu kecaman keras dari Amerika Serikat, Jepang, dan negara lainnya.

Versi bahasa Inggris dari pernyataan China mengatakan Beijing akan “bekerja dengan ketulusan terbesar dan mengerahkan upaya terbaik kami untuk mencapai reunifikasi damai.”

“Tetapi kami tidak akan meninggalkan penggunaan kekuatan, dan kami memiliki opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan. Ini untuk menjaga dari campur tangan eksternal dan semua kegiatan separatis,” kata pernyataan itu.

“Kami akan selalu siap merespons dengan menggunakan kekuatan atau cara lain yang diperlukan untuk campur tangan kekuatan eksternal atau aksi radikal oleh elemen separatis. Tujuan utama kami adalah untuk memastikan prospek reunifikasi damai China dan memajukan proses ini,” katanya.

China mengatakan tindakan mengancam itu didorong oleh kunjungan ke Taiwan pekan lalu oleh Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, tetapi Taiwan mengatakan kunjungan semacam itu rutin dan China menggunakannya hanya sebagai dalih untuk meningkatkan ancamannya.

Sebagai tanggapan tambahan atas kunjungan Pelosi, China mengatakan pihaknya menghentikan dialog tentang isu-isu mulai dari keamanan maritim hingga perubahan iklim dengan AS, kepala militer dan pendukung politik Taiwan.

Menteri luar negeri Taiwan pada hari Selasa memperingatkan bahwa latihan militer China mencerminkan ambisi untuk mengendalikan petak besar Pasifik barat, sementara Taipei melakukan latihannya sendiri untuk menegaskan kesiapannya untuk mempertahankan diri.

Strategi Beijing akan mencakup mengendalikan laut China Timur dan Selatan melalui Selat Taiwan dan memberlakukan blokade untuk mencegah AS dan sekutunya membantu Taiwan jika terjadi serangan, kata Menlu Joseph Wu pada konferensi pers di Taipei.

Beijing memperpanjang latihan yang sedang berlangsung tanpa mengumumkan kapan akan berakhir.

Taiwan berpisah dengan daratan di tengah perang saudara pada tahun 1949 dan pulau berpenduduk 23 juta orang itu sangat menentang penyatuan politik dengan China, dan lebih memilih untuk mempertahankan hubungan ekonomi yang erat dan status quo kemerdekaan de-facto.

Melalui manuvernya, China telah mendorong lebih dekat ke perbatasan Taiwan dan mungkin berusaha untuk membangun normal baru di mana pada akhirnya dapat mengontrol akses ke pelabuhan dan wilayah udara pulau itu.

AS, pendukung utama Taipei, juga telah menunjukkan kesediaannya untuk menghadapi ancaman China. Washington tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan untuk menghormati Beijing, tetapi terikat secara hukum untuk memastikan pulau itu dapat mempertahankan diri dan memperlakukan semua ancaman terhadapnya sebagai masalah yang sangat memprihatinkan.

Itu membuka pertanyaan apakah Washington akan mengirim pasukan jika China menyerang Taiwan. Presiden AS Joe Biden telah berulang kali mengatakan bahwa AS terikat untuk melakukannya - tetapi anggota staf dengan cepat menarik kembali komentar tersebut.

Di luar risiko geopolitik, krisis yang berkepanjangan di Selat Taiwan, jalur yang signifikan untuk perdagangan global, dapat memiliki implikasi besar bagi rantai pasokan internasional pada saat dunia sudah menghadapi gangguan dan ketidakpastian setelah pandemi virus corona dan perang di Ukraina.

Secara khusus, Taiwan adalah penyedia chip komputer yang penting bagi ekonomi global, termasuk sektor teknologi tinggi China.

Menanggapi latihan tersebut, Taiwan telah menempatkan pasukannya dalam siaga, tetapi sejauh ini menahan diri dari mengambil tindakan balasan aktif. Pada hari Selasa, militernya mengadakan latihan artileri tembakan langsung di Kabupaten Pingtung di pantai tenggara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home