Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:42 WIB | Minggu, 15 Januari 2023

China Laporkan 60.000 Kematian Terkait COVID-19

Para pemudik yang memakai masker berjalan melewati pintu masuk Stasiun Kereta Api Beijing di Beijing, Sabtu, 14 Januari 2023. Jutaan orang China diperkirakan akan melakukan perjalanan selama periode liburan Tahun Baru Imlek tahun ini. (Foto: AP/Mark Schiefelbein)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - China pada hari Sabtu (14/1) melaporkan hampir 60.000 kematian pada orang yang terinfeksi COVID-19 sejak awal Desember. Itu angka yang sulit untuk lonjakan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya di mana rumah sakit dan krematorium yang penuh sesak, bahkan ketika pemerintah merilis sedikit data tentang status pandemi selama berminggu-minggu.

Angka-angka itu mungkin masih meremehkan jumlah korban, meskipun pemerintah mengatakan "puncak darurat" dari lonjakan terbaru tampaknya telah berlalu.

Jumlah korban termasuk 5.503 kematian akibat gagal napas yang disebabkan oleh COVID-19 dan 54.435 kematian akibat penyakit lain yang digabungkan dengan COVID-19 sejak 8 Desember, Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan. Dikatakan bahwa “kematian terkait COVID” terjadi di rumah sakit, yang berarti siapa pun yang meninggal di rumah tidak akan dimasukkan dalam angka.

China berhenti melaporkan data tentang kematian dan infeksi COVID-19 setelah tiba-tiba mencabut kontrol anti-virus pada awal Desember meskipun ada lonjakan infeksi yang dimulai pada Oktober dan telah memenuhi rumah sakit dengan pasien yang demam dan mengi. Rumah sakit di Beijing di seluruh negeri telah kewalahan dengan pasien, dan rumah duka serta krematorium telah berjuang untuk menangani orang mati.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah lainnya meminta informasi setelah laporan oleh pemerintah kota dan provinsi menyatakan sebanyak ratusan juta orang di China mungkin telah tertular virus tersebut.

Jumlah infeksi sekarang tampaknya turun berdasarkan penurunan jumlah pasien yang mengunjungi klinik demam, kata seorang pejabat Komisi Kesehatan Nasional, Jiao Yahui.

Jumlah harian orang yang pergi ke klinik tersebut mencapai 2,9 juta pada 23 Desember dan turun 83% menjadi 477.000 pada hari Kamis 12/1), menurut Jiao. “Data ini menunjukkan puncak darurat nasional telah berlalu,” kata Jiao dalam konferensi pers.

Sulit untuk menilai apakah China benar-benar telah melewati puncak COVID-19, kata Dr. Dale Bratzler, kepala petugas COVID di Universitas Oklahoma dan kepala kendali mutu di rumah sakit universitas. “Itu sulit untuk diketahui,” kata Bratzler. “China mengkarantina orang di dalam ruangan, ada banyak orang yang tidak divaksinasi, orang-orangnya rentan.”

Albert Ko, seorang dokter penyakit menular dan profesor kesehatan masyarakat di Yale School of Public Health, mengatakan jumlah kematian akibat COVID-19 yang dilaporkan China mungkin “diremehkan secara signifikan” karena cara mereka mendefinisikannya.

“Mereka menggunakan definisi kasus yang sangat sempit untuk kematian (COVID),” kata Ko. "Mereka harus mengalami gagal napas ... untuk dihitung sebagai kasus, Anda harus berada di tempat di mana mereka dapat mengatakan Anda memenuhi semua persyaratan, dan itu adalah di rumah sakit."

Rumah sakit di China, kata Ko, sebagian besar terletak di kota-kota besar tempat wabah COVID dilaporkan, bukan di daerah pedesaan yang terisolasi.

“Ini adalah Tahun Baru Imlek, orang-orang bepergian, pergi ke pedesaan yang penduduknya rentan,” kata Ko. “Kami benar-benar khawatir tentang apa yang akan terjadi di China saat wabah ini menyebar ke pedesaan.”

Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, dan beberapa negara lain telah memberlakukan pengujian virus dan kontrol lain pada orang yang datang dari China. Beijing membalas pada hari Rabu dengan menangguhkan penerbitan visa baru untuk pelancong dari Korea Selatan dan Jepang.

Bulan ini, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengatakan pejabat agensi bertemu dengan pejabat China untuk menggarisbawahi pentingnya berbagi lebih banyak detail tentang masalah COVID-19, termasuk tingkat rawat inap dan urutan genetik. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home