Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 16:12 WIB | Jumat, 12 Februari 2021

China Larang Penyiaran “BBC World News”

“BBC World News”. (Foto: dok. Ist.)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Saluran televisi Inggris BBC World News pada hari Jumat (12/2) dilarang mengudara di China, keputusan sepekan setelah regulator media Inggris mencabut izin siaran televisi pemerintah China untuk siaran di Inggris.

Administrasi Radio dan Televisi Nasional China mengatakan penyelidikan menemukan laporan BBC World News terkait China telah "secara serius melanggar" peraturan, termasuk bahwa berita harus "jujur ​​dan adil," telah merugikan kepentingan nasional negara itu dan merusak persatuan nasional.

Oleh karena itu, saluran tersebut tidak memenuhi persyaratan untuk saluran asing yang disiarkan di China tidak dapat diterima dan dilarang mengudara selama satu tahun lagi, tambahnya.

BBC World News berbahasa Inggris tidak termasuk dalam sebagian besar paket saluran TV di China, tetapi tersedia di beberapa hotel dan tempat tinggal. Dua jurnalis Reuters di China mengatakan saluran itu menjadi kosong di layar mereka.

Tindakan China itu dikecam oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, dan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, sementara BBC mengatakan pihaknya "kecewa".

"Keputusan China untuk melarang BBC World News di China daratan merupakan pembatasan kebebasan media yang tidak dapat diterima," kata Raab. "China memiliki beberapa pembatasan paling ketat atas kebebasan media dan internet di seluruh dunia, dan langkah terbaru ini hanya akan merusak reputasi China di mata dunia."

Pada jumpa pers reguler, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengecam keputusan tersebut, menambahkan: "Ini meresahkan karena (China) membatasi outlet dan platform untuk beroperasi secara bebas di China, para pemimpin Beijing menggunakan lingkungan media yang bebas dan terbuka di luar negeri untuk mempromosikan informasi yang salah."

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri mengatakan pihaknya "sangat terganggu" oleh laporan yang dibawa oleh BBC tentang pemerkosaan sistematis dan pelecehan seksual terhadap perempuan di kamp-kamp pengasingan untuk etnis Uighur dan Muslim lainnya di wilayah Xinjiang, China dan mengatakan harus ada konsekuensi serius atas kekejaman di sana.

China membantah tuduhan pelanggaran di Xinjiang dan mengatakan laporan BBC "sepenuhnya tanpa dasar faktual".

BBC menyatakan kecewa dengan keputusan pemerintah China yang melarang siaran BBC World News. "BBC adalah penyiar berita internasional paling tepercaya di dunia dan melaporkan berita dari seluruh dunia secara adil, tidak memihak, dan tanpa rasa takut atau dukungan," kata BBC.

Pada 4 Februari, regulator media Inggris, Ofcom, mencabut lisensi China Global Television Network (CGTN) untuk menyiarkan di Inggris setelah penyelidikan menemukan bahwa lisensi tersebut dipegang secara tidak sah oleh Star China Media Ltd.

China mengkritik keputusan itu karena dipolitisasi dan memperingatkan bahwa mereka berhak membuat "tanggapan yang diperlukan". (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home