Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:20 WIB | Kamis, 11 Mei 2023

China Membalas Kanada dengan Juga Mengusir Seorang Diplomat

Seorang polisi China memberikan arahan kepada seorang pejalan kaki di luar kedutaan Kanada di Beijing, Selasa, 9 Mei 2023. China mengumumkan pengusiran seorang diplomat Kanada pada hari Selasa sebagai pembalasan atas Ottawa yang memerintahkan seorang pejabat konsuler China untuk meninggalkan negara itu atas dugaan ancaman yang dia buat terhadap anggota parlemen Kanada dan keluarganya. (Foto: AP/Ng Han Guan)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-China mengumumkan pengusiran seorang diplomat Kanada pada hari Selasa (9/5) sebagai pembalasan atas Ottawa yang memerintahkan seorang pejabat konsuler China untuk meninggalkan negara itu atas dugaan ancaman yang dia buat terhadap seorang anggota parlemen Kanada dan keluarganya.

Kementerian Luar Negeri mengatakan China sedang mengerahkan "tindakan balasan untuk tindakan tidak bermoral Kanada," yang dikatakan "sangat ditentang".

Dikatakan, Jennnifer Lynn Lalonde, diplomat top Kanada di pusat bisnis Shanghai, telah diminta untuk pergi pada 13 Mei dan bahwa China "berhak untuk mengambil tindakan lebih lanjut sebagai tanggapan."

Kedutaan Besar Kanada di Beijing tidak segera mengomentari perintah pengusiran tersebut.

"Kami memahami ada pembalasan tetapi kami tidak akan terintimidasi," kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau, setelah langkah China tersebut. “Kami akan terus melakukan segala yang diperlukan untuk melindungi warga Kanada dari campur tangan asing.”

Pemerintah Trudeau mengatakan sedang mengusir seorang diplomat China yang dituduh agen mata-mata Kanada terlibat dalam komplotan untuk mengintimidasi seorang anggota parlemen oposisi dan kerabatnya di Hong Kong.

China menguasai bekas jajahan Inggris itu pada tahun 1997, dan dalam beberapa tahun terakhir telah secara efektif merobek kesepakatan untuk mempertahankan hak politik dan sipilnya yang unik selama 50 tahun dengan memusnahkan institusi demokrasi dan kebebasan persnya. China secara teratur menggunakan ancaman terhadap anggota keluarga untuk mengintimidasi kritik dari diaspora China.

Seorang pejabat senior pemerintah Kanada mengatakan diplomat yang berbasis di Toronto, Zhao Wei, memiliki waktu lima hari untuk meninggalkan negara itu. Belum jelas apakah Zhao masih berada di Kanada.

Menteri Luar Negeri, Mélanie Joly, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Kanada menyatakan Zhao "persona non grata" dan bahwa Kanada "tidak akan mentolerir segala bentuk campur tangan asing dalam urusan dalam negeri kita."

“Diplomat di Kanada telah diperingatkan bahwa jika mereka terlibat dalam perilaku semacam ini, mereka akan dipulangkan,” katanya.

Ancaman Terhadap Keluarga Parlemen Kanada

Layanan mata-mata Kanada mengindikasikan bahwa pada tahun 2021, anggota parlemen oposisi Konservatif, Michael Chong, dan kerabatnya di Hong Kong menjadi sasaran setelah Chong mengkritik catatan hak asasi manusia Beijing. Agen mata-mata Kanada belum merilis detailnya ke publik.

Chong mengkritik perlakuan Beijing terhadap anggota kelompok etnis Uyghur, Muslim Turki di wilayah Xinjiang China, ratusan ribu di antara mereka telah ditahan di kamp-kamp pendidikan ulang politik yang mirip penjara. China mengatakan kehadiran di pusat pelatihan kejuruan murni sukarela dan bertujuan menghilangkan kecenderungan ekstremisme Muslim sambil mengajarkan keterampilan kerja.

Chong mengatakan pengusiran Zhao seharusnya terjadi bertahun-tahun yang lalu.

“Saya harap hal ini menjelaskan tidak hanya kepada China, tetapi negara-negara otoriter lainnya yang memiliki perwakilan di sini di Kanada, bahwa melintasi garis diplomasi ke dalam aktivitas ancaman campur tangan asing sama sekali tidak dapat diterima di sini di tanah Kanada,” kata Chong.

Pejabat senior pemerintah Kanada mengatakan penundaan sepekan dalam mengumumkan pengusiran itu untuk memungkinkan menteri luar negeri bertemu dengan rekan kabinet yang memiliki tanggung jawab terkait perdagangan sehingga mereka dapat mempersiapkan pembalasan ekonomi apa pun. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim karena mereka tidak berwenang untuk berbicara secara terbuka tentang masalah tersebut.

Dalam sebuah pernyataan yang diposting di situs webnya, Kedutaan Besar China di Ottawa mengatakan pengusiran Zhao "berdasarkan rumor tentang apa yang disebut 'China Interferensi' yang digembar-gemborkan oleh beberapa politisi dan media."

“Ini sangat melanggar hukum internasional, norma dasar yang mengatur hubungan internasional dan perjanjian bilateral terkait, serta menyabotase hubungan China-Kanada,” kata pernyataan itu. Ia menambahkan bahwa “semua konsekuensi yang timbul darinya akan ditanggung oleh pihak Kanada.”

“China tidak pernah mencampuri urusan dalam negeri negara lain,” katanya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Wang Wenbin, menggandakan penolakan China atas tuduhan dan ancaman untuk mengambil tindakan lebih lanjut terhadap Kanada. “China tidak tergoyahkan dalam tekadnya untuk melindungi kepentingannya sendiri,” kata Wang kepada wartawan dalam jumpa pers harian.

“Kami mendesak pihak Kanada untuk segera menghentikan provokasi yang tidak masuk akal. Jika Kanada tidak mendengarkan saran dan bertindak sembrono, China akan melawan dengan tegas dan paksa, dan pihak Kanada harus menanggung semua konsekuensi yang timbul dari ini.”

China dalam beberapa tahun terakhir telah mengusir anggota media asing sebagai pembalasan atas pelaporan atau pembatasan mereka yang ditempatkan pada anggota media negara China yang sepenuhnya dikendalikan oleh Partai Komunis yang diposting di Amerika Serikat dan di tempat lain.

Melakukan Politik Sandera

Pengusiran diplomat jauh lebih jarang. Pada tahun 2020, China memerintahkan penutupan Konsulat AS di kota barat daya Chengdu sebagai pembalasan atas Washington yang memerintahkan penutupan konsulat China. Konsulat di Houston, yang dikatakan sebagai pusat spionase komersial yang disponsori negara. China membantah tuduhan itu.

Pengungkapan tentang Chong adalah yang terbaru dari serangkaian upaya campur tangan asing yang diduga dilakukan oleh pemerintah China di Kanada dalam beberapa tahun terakhir, termasuk upaya ikut campur dalam pemilihan federal 2019 dan 2021.

Trudeau telah menunjuk mantan Gubernur Jenderal David Johnston untuk mempelajari lebih lanjut masalah ini, termasuk apakah diperlukan penyelidikan publik.

Hubungan China-Kanada menukik setelah China menahan mantan diplomat Michael Kovrig dan pengusaha Michael Spavor, tak lama setelah Kanada menangkap Meng Wanzhou, kepala keuangan raksasa telekomunikasi Huawei dan putri pendiri perusahaan, atas perintah otoritas AS yang menuduhnya melakukan penipuan.

Banyak negara menyebut tindakan China sebagai "politik sandera", sementara China menuduh Ottawa melakukan penahanan sewenang-wenang. Pasangan itu, yang dituduh melakukan kejahatan keamanan nasional yang tidak jelas, dibebaskan beberapa jam setelah pengacara Meng mengakhiri perseteruan selama hampir tiga tahun yang melibatkan Ottawa, Beijing, dan Washington dengan kesepakatan di mana dia menerima tanggung jawab karena salah mengartikan transaksi bisnis perusahaan di Iran. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home