Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:51 WIB | Selasa, 25 April 2023

Hadapi Kebangkitan China, Australia Rombak Besar-besaran Sistem Pertahanan

Foto oleh Australian Defence Force, Royal Australian Navy Ships Canberra, Supply dan Warramunga berlayar dalam formasi dengan 37 kapal selama Latihan Lingkar Pasifik 2022. (Foto: Petty Officer Kelas 2 Wesley Richardson/Angkatan Pertahanan Australia via AP)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM-Australia perlu mengeluarkan lebih banyak uang untuk meningkatkan pertahanan, membuat amunisinya sendiri, dan mengembangkan kemampuan untuk menyerang target jarak jauh karena penumpukan militer China menantang keamanan regional, menurut tinjauan yang ditugaskan pemerintah yang dirilis hari Senin (24/4).

Tinjauan Strategis Pertahanan mendukung apa yang disebut kemitraan AUKUS antara Australia, Amerika Serikat dan Inggris, yang pada bulan Maret mengumumkan kesepakatan untuk membuat armada Australia yang terdiri dari delapan kapal selam yang ditenagai oleh teknologi nuklir AS.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mengatakan pemerintahnya menugaskan peninjauan untuk menilai apakah Australia memiliki kemampuan, postur, dan kesiapan pertahanan yang diperlukan untuk mempertahankan diri dalam lingkungan strategis saat ini.

“Kami mendukung arah strategis dan temuan utama yang ditetapkan dalam tinjauan tersebut, yang akan memperkuat keamanan nasional kami dan memastikan kesiapan kami menghadapi tantangan di masa depan,” kata Albanese.

Dia mengatakan peninjauan itu adalah yang paling signifikan di Australia sejak Perang Dunia II dan cakupannya komprehensif. “Ini menunjukkan bahwa di dunia di mana tantangan terhadap keamanan nasional kita selalu berkembang, kita tidak dapat kembali ke asumsi lama,” tambah Albanese.

Versi publik dari tinjauan rahasia merekomendasikan pemerintah Australia membelanjakan lebih banyak untuk pertahanan daripada pengeluaran saat ini sebesar 2% dari produk domestik bruto, meningkatkan kemampuan Angkatan Bersenjata Australia untuk secara tepat menyerang target pada jarak yang lebih jauh dan membuat amunisi di dalam negeri.

Rekomendasi lainnya termasuk meningkatkan kemampuan pasukan untuk beroperasi dari pangkalan utara Australia dan memperdalam kemitraan pertahanan dengan mitra utama di kawasan Indo-Pasifik termasuk India dan Jepang.

Peningkatan Militer China

Penumpukan militer China "sekarang menjadi yang terbesar dan paling ambisius dari negara mana pun" sejak akhir Perang Dunia II, kata tinjauan tersebut. Dan itu “terjadi tanpa transparansi atau kepastian niat strategis China di kawasan Indo-Pasifik,” tambah tinjauan tersebut.

Keadaan strategis selama tinjauan saat ini “sangat berbeda” dibandingkan dengan masa lalu, kata tinjauan yang ditulis oleh mantan Kepala Angkatan Bersenjata Australia, Angus Houston, dan mantan Menteri Pertahanan, Stephen Smith.

Amerika Serikat, mitra perjanjian pertahanan terpenting Australia, “tidak lagi menjadi pemimpin unipolar Indo-Pasifik,” wilayah yang telah menyaksikan kembalinya persaingan strategis kekuatan besar, katanya.

“Akibatnya, untuk pertama kalinya dalam 80 tahun, kita harus kembali ke fundamental, untuk mengambil pendekatan prinsip pertama tentang bagaimana kita mengelola dan berusaha menghindari tingkat risiko strategis tertinggi yang sekarang kita hadapi sebagai sebuah bangsa: prospek konflik besar di kawasan yang secara langsung mengancam kepentingan nasional kita,” kata tinjauan tersebut.

Pemerintah segera berencana untuk menunda atau mengabaikan 7,8 miliar dolar Australia (setara US$5,2 miliar) dalam pembelanjaan pertahanan untuk mencerminkan prioritas baru.

Menteri Industri Pertahanan, Pat Conroy, mengatakan sebagai bagian dari prioritas baru, pesanan kendaraan tempur infanteri telah dikurangi dari 450 menjadi 129. Penghematan dari kendaraan tersebut dan pembatalan resimen kedua howitzer self-propelled akan mendanai percepatan Australia mempersenjatai diri dengan sistem roket AS HIMARS yang terbukti efektif dalam perang Ukraina.

Jangkauan senjata maksimum tentara akan diperpanjang dari 40 kilometer (25 mil) menjadi lebih dari 300 kilometer (186 mil) dan, dengan perolehan rudal serang presisi, lebih dari 500 kilometer (311 mil), kata Conroy.

“Ini tentang memberi tentara Australia kekuatan tembak dan mobilitas yang dibutuhkan di masa depan untuk menghadapi apa pun yang perlu dihadapi,” kata Conroy.

Selama lima dekade terakhir, kebijakan pertahanan Australia ditujukan untuk menghalangi dan menanggapi potensi ancaman tingkat rendah dari negara tetangga berkekuatan kecil atau menengah. “Pendekatan ini tidak lagi sesuai dengan tujuan,” kata ulasan tersebut.

Tentara, angkatan udara, dan angkatan laut Australia perlu fokus pada “memberikan kemampuan yang relevan dan tepat waktu” dan meninggalkan “mengejar solusi atau proses yang sempurna” dalam pengadaannya, katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home