Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 15:22 WIB | Jumat, 10 Juli 2015

Cile Legalkan Pernikahan Sejenis, Pasangan Gay Antre Mau Menikah

Felipe Egido (kiri) memposting foto dirinya dan kekasihnya di kantor catatan sipil kota Vinda del Mar, Cile, ketika akan mendaftarkan diri untuk menikah dengan latar belakang pejabat catatan sipil. (Foto: akun twitter Felipe Egido)

SANTIAGO, SATUHARAPAN.COM – Banyak pasangan gay berbondong-bondong mendatangi kantor catatan sipil di Chile pada hari Kamis (09/07), untuk memilih waktu merayakan pernikahan sesama jenis pertama sejak disetujui oleh pemerintah awal tahun ini.

Pasangan gay boleh mendaftar untuk Civil Union Agreement (AUC) secara gratis, enam bulan setelah disetujui Kongres di negara konservatif tersebut.

“Kami adalah pasangan pertama yang mendaftar untuk AUC (Civil Union Agreement) di (pusat kota) Vinda del Mar,” tulis Felipe Egido, seorang pria yang mengunggah sebuah gambar ke akun Twitter miliknya bersama kekasihnya di samping pegawai sipil.

Pernikahan tersebut akan dimulai Oktober. Jika pernikahan terjadi, aturan yang sudah ditetapkan pemerintah memungkinkan pasangan sesama jenis menikmati hak yang sama seperti pasangan pada umumnya.

“Ini adalah sebuah momen bersejarah,” kata Menteri Kehakiman Javiera Blanco.

Sekelompok kecil negara Amerika Latin, meliputi Argentina, Brasil dan Uruguay, telah melegalkan pernikahan gay. Bulan lalu, Mahkamah Agung Meksiko mengeluarkan putusan yang membuka pintu untuk pernikahan sesama jenis.(Ant/AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home