Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:43 WIB | Senin, 30 Mei 2016

Contek Hong Kong, DKI akan Luncurkan Kartu Jakarta One

Ilustrasi. Kartu Jakarta One. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan kartu Jakarta One pada tanggal 2 Juni 2016 mendatang. Rencananya, acara tersebut akan dilaksanakan di Driving Range, Senayan, Jakarta Pusat.

"Kartu Jakarta One akan diresmikan 2 Juni mendatang, di bekas Driving Range Senayan," kata Sekretaris Perusahaan Bank DKI Zulfarshah, di Jakarta‎, hari Senin (30/5).

Setelah resmi diluncurkan, kartu tersebut dapat digunakan warga Ibu Kota untuk berbagai keperluan seperti pembayaran rumah susun hingga alat transaksi masuk ke lokasi wisata‎ di Jakarta.

"Bisa digunakan dari rumah susun, ke feeder kemudian ke halte busway, nanti bisa juga ke rekreasi ke Taman Marga Satwa Ragunan," kata dia.

Selain itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga mengatakan pemegang kartu tersebut akan mendapatkan subsidi sembilan bahan pokok (sembako).

Sebelumnya, Ahok, sapaan Basuki mengatakan, kartu tersebut akan disebar secara bertahap. Dia berharap, penyebaran kartu bisa rampung pada 2019 mendatang. Diamengaku telah memiliki data warga yang akan diberikan kartu Jakarta One.

"Proyek ini bisa total atau menyeluruh dia (Bank Indonesia) bilang 2020. Tapi saya targetkan itu 2019 sudah bisa selesai semua," kata dia.

Rencananya, kartu ini akan terintegrasi dengan berbagai bank sehingga semua transaksi dengan mudah digunakan oleh warga.

"Kami buka buat semua bank. Karena dasarnya sudah ada. Kami juga sudah ada data semua pegawai, semua yang naik bus Transjakarta, semua yang bayar pajak, bayar Kir, PKL, semua sudah terdata," ujarnya.

Pembuatan kartu ini, dia mengaku mencontek dari Hong Kong yang mengeluarkan Octopus Card. Kartu itu merupakan kartu multi guna yang dapat digunakan mulai dari naik kendaraan umum hingga berbelanja.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home