Loading...
SAINS
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 11:15 WIB | Rabu, 27 April 2016

DKI Kaji Beri KJP untuk Mahasiswa PT Swasta

Ilustrasi: Kartu Jakarta Pintar. (Foto: kjp.jakarta.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mempertimbangkan pemberian bantuan berupa Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri maupun swasta.

"Jadi bisa kita minta ke beberapa PTS agar siswa kita yang lolos tes bisa digratiskan biaya SPP. Kita tanggung biaya makan dan praktikum," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam rapat pemimpin (Rapim) di Balai Kota DKI Jakarta, hari Senin (25/4).

Dia ingin bantuan ini diberikan supaya siswa berprestasi namun terkendala biaya tak lagi berkecil hati untuk melanjutkan pendidikannya. Dia meminta kepada Dinas Pendidikan untuk mendata kampus mana saja yang memiliki akreditasi baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Sopan Adrianto mengatakan rencana tersebut akan direalisasikan pada tahun 2017 mendatang. Sedangkan tahun 2016, Dinas Pendidikan masih fokus untuk memberikan bantuan kepada siswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri.

"Jadi sifatnya memang bantuan sosial yang kita berikan. Hanya syaratnya bagi siswa yang memiliki KJP, supaya tetap bisa lanjut pendidikan," kata Sopan di Jakarta, hari Selasa (26/4).

‎Pihaknya akan mendata PTS mana saja yang bisa dilakukan MoU (kesepakatan). Rencananya, DKI akan menganggarkan biaya makan dan praktikum kuliah siswa penerima KJP di PTS.

‎"Universitasnya minimal akreditasi A. Kita harap bagi siswa yang tamat tahun depan dan lolos masuk PTS tersebut langsung bisa melanjutkan pendidikan," kata dia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home