Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:52 WIB | Sabtu, 22 Oktober 2016

Dewan HAM PBB Gelar Sidang Khusus Aleppo Suriah

Kebanyakan Pemandangan yang tersisa di Kota Aleppo, Suriah, akibat perang saudara, puing-puing blok apartemen. (Foto: Dok satuharapan.com/un.org)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Dewan hak asasi manusia (HAM) PBB menggelar sidang khusus mengenai Kota Aleppo, Suriah, pada Jumat (21/10), dengan kepala HAM Zeid Ra’ad Al Hussein menuntut tindakan terhadap “kejahatan berskala sejarah”.

Sidang tersebut, yang dicetuskan Inggris, berusaha mencari solusi yang mengutuk kekerasan brutal, khususnya di wilayah timur Aleppo yang dikuasai pemberontak, tempat sekitar 250.000 warga sipil dikepung oleh serangan brutal pemerintah dengan dukungan Rusia.

“Pengepungan dan pengeboman di Aleppo timur bukanlah tragedi. Semua itu juga merupakan  kejahatan berskala sejarah,” kata Zeid.

Menyebut perang sipil Suriah sebagai “konflik proksi”, dia mengimbau semua pihak yang terlibat dalam pertempuran tersebut untuk mengesampingkan “manipulasi global”.

Kepala komisi penyelidikan PBB untuk Suriah Paulo Pinheiro menegaskan seruan agar Mahkamah Pidana Internasional segera menyelidiki pelanggaran di negara bergolak tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home