Loading...
MEDIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 22:04 WIB | Minggu, 11 Januari 2015

Diduga Penghinaan, Forda Bekasi Kecam Kalimat Iklan Indosat

Iklan Indosat tentang berlibur ke Australia dan Bekasi yang menuai kontroversi. (Foto: twitter)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Forum Pemuda Kota Bekasi (Forda Bekasi) mengecam tindakan salah satu perusahaan telekomunikasi   di Indonesia, Indosat yang dinilai melakukan tidak edukatif.  Beberapa waktu lalu, Indosat melalui iklan yang disebarkan melalui akun Twitter resmi @indosatmania mengatakan “Liburan Ke Aussie lebih Mudah dibanding Ke Bekasi”.

Menurut Forda Bekasi dalam rilis yang dikirim ke satuharapan.com pada Minggu (11/1), iklan promosi tersebut keterlaluan karena dianggap telah menghina Kota Bekasi sebagai bagian dari bingkai NKRI.

“Kalimat dalam Iklan Promosi Indosat yang mengatakan Liburan Ke Aussie lebih Mudah dibanding Ke Bekasi  sangat melukai perasaan Masyarakat Bekasi . Kalimat dalam iklan tersebut dapat ditafsirkan negatif tentang Bekasi , “ Kata Forda Bekasi dalam rilis tersebut.

Indosat dinilai hanya mencari keuntungan semata dalam memasarkan  produknya tanpa mengedepankan  tata krama dan tata cara periklanan Indonesia .

“Telah ditentukan bahwa iklan harus jujur, bertanggungjawab dan tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku  Iklan tidak boleh menyinggung perasaan dan atau merendahkan martabat, agama , tata susila, adat, budaya, suku, dan golongan. Iklan harus dijiwai oleh asas-asas persaingan yang sehat,” Forda Bekasi menambahkan.

Forda meminta agar Indosat mendapat sanksi hukum atau sanksi moral.

“Maaf saja tidak cukup,” kata mereka.

Menurut Forda Bekasi, iklan promosi Indosat  berbentuk viral tersebut  dapat dikenakan UU ITE  dan  UU Perlindungan Konsumen serta Kitab Undang-Undang Hukum Pidana( KUHP).  

Sebagai perhatiaan untuk  mengawal menuntaskan permasalahan yang terjadi  ini,  Forda Bekasi menggelar aksi  Menggelar Aksi unjuk rasa pada Senin (12/1) di kantor Pusat  PT Indosat dan akan dilanjutkan ke Mabes Polri.  

Dalam unjuk rasa, Forda Bekasi menyatakan sikap dan menuntut beberapa poin di antaanya  PT Indosat Tbk diduga telah dengan sengaja menerbitkan iklan promosi produknya yang menghina masyarakat Bekasi.

Forda Bekasi menuntuk nama baik Bekasi  dipulihkan kembali oleh PT Indosat Tbk melalui surat kabar Nasional dan Media Elektronik.

Selanjutnya,  PT Indosat Tbk  diminta wajib bertanggung jawab atas iklan promosi produknya. Selain itu, Kepolisian Republik Indonesia  diminta  segera mengusut motif  pembuatan iklan viral  “Liburan Ke Aussie lebih Mudah dibanding Ke Bekasi “ tersebut.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home