Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:52 WIB | Selasa, 23 Juni 2015

Dishub Sediakan Informasi Berbentuk Digital untuk Pemudik

Penumpang menunggu kedatangan bus di ruang tunggu terminal Kampung Rambutan, Jakarta, (Foto: Antaranewas/Agung Rajasa)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Perhubungan DKI Jakarta, akan menyediakan papan informasi digital bagi para pemudik yang akan berangkat atau datang di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

"Ini merupakan program uji coba. Jika berhasil, tahun 2016 dan selanjutnya pemberian informasi digital ini akan diterapkan di terminal-terminal lain," kata Kepala Satuan Pelaksana Operasional UP Terminal Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syamsul Mirwan kepada Antara di Terminal Rawamangun, Jakarta, Senin (22/6).

Menurut Syamsul, informasi yang akan diberikan secara digital tersebut meliputi pemberitahuan harga tiket dan waktu serta tujuan keberangkatan. Hal ini diharapkan dapat membantu pemudik yang ingin berangkat dari terminal di Ibu Kota.

"Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian oleh tim teknologi informatika," kata dia.

Sementara terkait jumlah pemudik, Dishub sendiri memerkirakan pada tahun ini jumlahnya akan mengalami penurunan.

"Kami asumsikan para pemudik akan banyak menggunakan kendaraan pribadi, karena ada pembukaan tol baru oleh pemerintah," kata Syamsul.

Namun hal tersebut, tidak mencegah Dishub untuk memberikan pelayanan maksimal kepada para pemudik, terutama dalam hal keamanan.

"Petugas keamanan akan melakukan tugas selama 24 jam dengan sistem `shift`," kata Syamsul.

Terkait tol baru, pada Sabtu (13/6), Presiden Joko Widodo telah meresmikan pengoperasian Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sepanjang 116,75 km di Purwakarta, Jawa Barat.

Jalan tol tersebut merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jatim.

Tol itu, akan memperpendek jarak tempuh sejauh 40 kilometer, dan diperkirakan dapat memotong waktu tempuh 1,5 – 2 jam dibanding melalui Jalur Pantura. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home