Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 09:36 WIB | Minggu, 21 Februari 2016

Dishubtrans DKI Luncurkan Situs Informasi Sistem ERP

Ilustrasi. Gerbang ERP di Hong Kong. (Foto: wikipedia.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta meluncurkan situs internet atau website mengenai sistem Jalan Berbayar Elektronik atau Electronic Road Pricing (ERP) dengan alamat www.erp.jakarta.go.id.

“Peluncuran website ini merupakan salah satu upaya kami dalam melakukan sosialisasi mengenai rencana penerapan sistem ERP kepada masyarakat di DKI Jakarta,” kata Kepala Dishubtrans DKI Andri Yansyah di Jakarta, Sabtu (20/2).

Melalui situs tersebut, menurut dia, masyarakat dapat mengetahui berbagai informasi secara lengkap mengenai rencana implementasi sistem ERP, mulai dari informasi yang paling mendasar hingga rencana tata kelola sistem ERP.

“Dengan mengakses www.erp.jakarta.go.id, masyarakat bisa mendapatkan informasi secara komprehensif mengenai ERP. Situs itu mulai dapat diakses masyarakat terhitung mulai 22 Februari 2016,” ujar Andri.

Dia menuturkan sosialisasi mengenai rencana penerapan sistem ERP penting untuk dilakukan karena ada kemungkinan sistem tersebut merupakan kebijakan yang tidak populer, terutama di kalangan masyarakat menengah ke atas.

“Namun sebetulnya, kebijakan tersebut pro rakyat karena hasil penerimaan dari sistem ERP akan dimanfaatkan untuk peningkatan pelayanan angkutan umum massal serta peningkatan kinerja lalu lintas jalan,” tutur Andri.

Selain situs internet, pihaknya juga menyiapkan beberapa video animasi sebagai alat sosialisasi melalui videotron untuk menjangkau masyarakat dari kalangan menengah ke atas yang sehari-hari menggunakan kendaraan pribadi.

“Melalui berbagai cara sosialisasi ini, diharapkan masyarakat mendukung penuh penerapan sistem ERP di Jakarta. Sehingga, masyarakat tergugah untuk beralih ke transportasi umum, dan kemacetan pun berkurang secara signifikan,” ungkap Andri.

Seperti diketahui, dua perusahaan asing telah melakukan uji coba mesin ERP di dua ruas jalan yang berbeda di Jakarta, yakni di Jalan Jenderal Sudirman oleh Kapsch asal Swedia dan di Jalan Rasuna Said, Kuningan oleh Q-Free asal Norwegia.

Rencananya, area penerapan ERP akan dibagi menjadi tiga. Area I meliputi Blok M-Stasiun Kota, Jalan Gatot Subroto (Kuningan-Senayan), Jalan Rasuna Said-Tendean, Tendean-Blok M, serta Jalan Asia Afrika-Pejompongan.

Area II, yakni Dukuh Atas-Manggarai-Matraman-Gunung Sahari serta Jatinegara-Kampung Melayu-Casablanca-Jalan Prof dr.Satrio-Tanah Abang. Sedangkan, Area III terdiri dari Grogol-Roxi-Harmoni, Tomang-Harmoni-Pasar Baru, Cempaka Putih-Senen-Gambir, Cawang -Pluit -Tanjung Priok, Cawang-Tanjung Priok dan Sunter-Kemayoran. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home