Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 02:50 WIB | Minggu, 11 Mei 2014

Dortmund Bantai Hertha di Hari Terakhir Liga Jerman

Levan Kobiashvilli (kiri, Hertha) berebut bola di udara dengan Milos Jojic (kanan, Borussia Dortmund). (Foto: fifa.com).

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Borussia Dortmund dan Robert Lewandowski menutup musim Liga Jerman  2013-2014 dengan catatan manis, mempermalukan tuan rumah Hertha Berlin 0-4, di Stadion Olimpiade Berlin, Sabtu (10/5) malam WIB. 

Robert Lewandowski yang musim depan akan berkostum Bayern Munchen menyumbang dua gol. Salah satu gol dia ciptakan pada penghujung babak pertama menit ke-40, setelah kerja sama Hummels dan penyerang Polandia ini berhasil memporak porandakan barisan belakang Hertha Berlin.

Gelandang yang baru dicoba pelatih Jurgen Klopp, yakni Milos Jojic asal Serbia berhasil menggandakan keunggulan menit ke-48, bola tendangan Jojic kencang alirannya sehingga Thomas Kraft di bawah mistar gawang Hertha Berlin kebobolan.

Di babak kedua, Dortmund makin menjauh. Lewandowski mencetak gol keduanya di laga ini di menit ke-81. Tendangan bebasnya meluncur melewati pagar betis yang dibangun para pemain Hertha dan bersarang di pojok kiri atas gawang Kraft.

Semenit kemudian, tandem Lewandowski di lini depan, Henrikh Mkhitaryan melengkapi pesta kemenangan Dortmund menjadi empat gol setelah memaksimalkan bola sodoran dari Pierre-Emerick Aubameyang.

Dortmund berada di peringkat kedua dengan nilai 71. Sementara Munchen memastikan gelar juara dengan raihan poin 90 dari 34 pertandingan, selanjutnya Schalke di peringkat ketiga dengan angka 64.

Ketiga klub ini lolos langsung ke fase grup Liga Champions musim mendatang, sementara Bayer Leverkusen harus melalui fase kualifikasi guna menuju kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Eropa itu.

Dari Liga Jerman di Liga Eropa musim mendatang akan mengirimkan Wolfsburg dan Borussia Monchengladbach yang finis di peringkat akhir kelima dan keenam.

Dua klub harus mengucapkan selamat tinggal dari kompetisi kasta tertinggi Liga Jerman musim ini; Nurnberg di peringkat ke-17, dan Eintracht Braunschweig di peringkat ke-18.

Catatan Khusus Lewandowski

Robert Lewandowski tidak hanya mengucap kata perpisahan dengan para penggemar fanatik Borussia Dortmund, akan tetapi dia mempersembahkan gelar pencetak gol terbanyak Liga Jerman dengan 20 gol pada musim ini.

Dua gol yang dicetaknya dalam laga pekan penutup yang berlangsung di Olympia Stadium, Berlin, Sabtu, membuat Lewandowski meninggalkan pesaingnya Mario Mandzukic yang sebelumnya memiliki jumlah gol sama 18 gol.
Berikut daftar pencetak gol terbanyak Liga Jerman 2013-2014.

20 - Robert Lewandowski (Dortmund).
18 - Mario Mandzukic (Munchen).
17 - Josip Drmic (Nurnberg).
16 - Marco Reus (Dortmund), Roberto Firmino (Hoffenheim), Adrian Ramos (Berlin).
15 - Raffael (Monchengladbach), Stefan Kiesling (Leverkusen), Shinji Okazaki (Mainz).
14 - Ivica Olic (Wolfsburg).
13 - Pierre-Emerick Aubameyang (Dortmund), Thomas Mueller (Munchen), Pierre-Michel Lasogga (Hamburg). . (bundesliga.com/sportsmole.co.uk).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home