Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:36 WIB | Selasa, 14 Maret 2023

UK Maranatha Masuk 50 Besar Scimago Institutions Rankings 2023

Foto Tangkapan layar penilaian Scimago Institutions Rankings 2023.

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Universitas Kristen Maranatha meraih peringkat 45 Indonesia berdasarkan penilaian Scimago Institutions Rankings 2023. Scimago memublikasikan daftar peringkat terbaru 2023 melalui situs resmi www.scimagoir.com.

Scimago Institutions Rankings (SIR) 2023 memuat 61 institusi Indonesia, 59 di antaranya adalah institusi perguruan tinggi. Universitas Kristen Maranatha menduduki posisi 45 all sectors, atau 43 pada sektor universitas, dan masuk kategori Q1 innovation rank.

Institusi yang masuk dalam pemeringkatan SIR adalah institusi akademik dan institusi riset dengan kriteria tertentu, salah satunya adalah jumlah publikasi ilmiah terindeks Scopus.

Scimago melakukan pemeringkatan berdasarkan penilaian kinerja institusi dengan bobot terbesar pada unsur riset, diikuti luaran inovasi, dan dampak sosial dari riset yang dilakukan.

Universitas Berbasis Riset

Rektor UK Maranatha, Prof. Ir. Sri Widiyantoro, M.Sc., Ph.D., IPU menyampaikan rasa syukur atas masuknya Maranatha dalam daftar peringkat SIR tahun ini. Prof. Sri pada beberapa kesempatan selalu mengingatkan para akademisi di UK Maranatha agar terus bersemangat melakukan penelitian dan publikasi ilmiah.

Sekretaris Umum Universitas, Robby Yussac Tallar, S.T., M.T., Dipl.IWRM., Ph.D. ikut mengungkapkan rasa bangga atas pencapaian tersebut.

“Sangat membanggakan, apalagi dari sekian ribu perguruan tinggi di Indonesia, hanya 59 universitas yang masuk dalam daftar peringkat SIR, dan Maranatha satu-satunya PTS Kristen di daftar peringkat itu,” ungkap Robby dalam keterangan resmi UK Maranatha dikutip Selasa (14/3).

UK Maranatha dalam beberapa tahun terakhir terus mendorong peningkatan kinerja khususnya pada sektor penelitian.

“Beberapa tahun ini Maranatha berupaya keras untuk menaikkan kuantitas dan kualitas riset dan publikasi ilmiah di jurnal-jurnal bereputasi, khususnya Scopus,” kata Robby.

Masuknya UK Maranatha dalam peringkat 50 besar Scimago Institutions Rankings adalah dampak dari peningkatan kinerja penelitian.

“Peningkatan kinerja ini sejalan dengan arah kebijakan dan pengembangan Maranatha sebagai research-based teaching university," kata Robby.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home