Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:25 WIB | Kamis, 29 Juni 2017

DPRD DKI Jakarta Dukung Operasi Perpindahan Kependudukan Terpadu

Ilustrasi: Pendatang dari daerah ke wilayah DKI Jakarta. (Foto: Dok satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Operasi perpindahan kependudukan terpadu yang akan digelar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mendapat dukungan Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta.

"Operasi tersebut perlu dilakukan agar kita bisa mengevaluasi permasalahan kependudukan itu seperti apa saat ini," ujar Riano P Ahmad, Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta, Rabu (28/6), seperti dilansir beritajakarta.id.

Riano menambahkan, melalui operasi itu, Dinas Dukcapil DKI Jakarta nantinya bisa mengetahui penyebab kedatangan warga pendatang ke Ibukota setelah Lebaran. "Nanti bisa diketahui apakah soal lapangan pekerjaan atau daya beli rendah," katanya.

Ia juga menilai operasi tersebut penting dilaksanakan agar para pendatang ke Jakarta taat aturan administrasi kependudukan. Karena itu operasi ini diminta mulai digelar intensif sejak H+21 Lebaran.

"Intinya, dengan operasi tersebut kita bisa mengetahui penyebabnya dan apa solusi selanjutnya," ucapnya.

Riano pun menginginkan pendatang baru yang berniat menetap di Ibukota memiliki keterampilan.

Secara terpisah, Kepala Dinas Dukcapil DKI Jakarta, Edison Sianturi menjelaskan, operasi yang akan dilakukan pihaknya pada pertengahan Juli nanti bertujuan untuk mengurangi kepadatan penduduk di Ibukota.

"Kita lakukan pendekatan pembinaan kependudukan melalui sosialisasi, supaya mereka memahami kondisi Jakarta saat ini," ia menegaskan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home