Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:26 WIB | Jumat, 14 April 2023

Dua Gempa Bumi Mengguncang Perairan Laut Jawa

Peta lokasi pusat gempa yang terjadi di uatar Bangkalan. (Foto: BMKG)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Gempa bumi berkekuatan 5,5 mengguncang wilayah Bangkalan Madura, Jawa Timur, hari Jumat (14/4). Gempa terjadi pada pukul 17: 37 WIB, dan pusat gempa berada di laut pada kedalaman 600 kilometer.

Badan meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan tidak berpotensi terjadi tsunami. Pusat gempa itu terletak sekitar 85 kilometer timur laut bangkalan, Jawa Timur.

Ini adalah gempa bumi kedua pada hari yang sama yang terjadi di Laut Jawa. Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 6,6 mengguncang perairan di uatar Tuban pada hari Jumat (14/4/23) sekitar pukul 16:58 WIB. Gempa tersebut dirasakan sekitar kurang lebih 15 detik.

Gempa tersebut berpusat di laut sekitar 68 kilometer dari Tuban, Jawa Timur, dan pada kedalaman 632 kilometer. BMKG menyebutkan gempa tersebut tidak berpotensi terjadi tsunami.

Gempa tersebut sangat terasa di Surabaya, Tuban, Denpasar, dan Semarang, kata Abdul Muhari, juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), melalui telepon dikutip Reuters.

Pusat Seismologi Eropa-Mediterania (EMSC) menyebutkan besarnya 6,5 dengan kedalaman 592 km (368 mil). “Sejauh ini tidak ada kerusakan yang dilaporkan karena gempanya sangat dalam,” kata Muhari. “Saya rasa tidak akan ada kerusakan tapi kami masih memantau.” I

Salah Satu Warga Cahya Jeni (29) merasakan gempa tersebut saat berada di kantornya pada sore hari. Ketika itu, karyawan lain di kantornya sempat panik begitu guncangan terasa. "Kurang lebih 15 detik, cukup kencang," ungkapya dilansir dari detik.com.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home