Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:04 WIB | Rabu, 12 April 2023

Iran Manfaatkan Misi Bantuan Gempa untuk Mengirim Senjata ke Suriah

Pemandangan udara menunjukkan puing-puing bangunan yang runtuh di kota Jindayris yang dikuasai oposisi Suriah pada 15 Februari 2023, menyusul gempa 6 Februari yang melanda Turki dan Suriah. (Foto: dok. AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Iran telah menggunakan penerbangan bantuan korban gempa bumi untuk membawa senjata dan peralatan militer ke sekutu strategisnya Suriah, kata sembilan sumber Suriah, Iran, Israel dan Barat.

Sumber tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa tujuannya adalah untuk menopang pertahanan Iran melawan Israel di Suriah dan untuk memperkuat Presiden Suriah, Bashar al-Assad.

Setelah gempa bumi pada 6 Februari di Suriah utara dan Turki, ratusan penerbangan dari Iran mulai mendarat di bandara Aleppo, Damaskus, dan Latakia, Suriah, membawa perbekalan, dan ini berlangsung selama tujuh pekan, kata sumber tersebut. Lebih dari 6.000 orang tewas di seluruh Suriah, menurut data PBB.

Pasokan itu termasuk peralatan komunikasi canggih dan baterai radar serta suku cadang yang diperlukan untuk rencana peningkatan sistem pertahanan udara yang disediakan Iran di Suriah dalam perang sipilnya, kata sumber tersebut, dua sumber regional dan sumber intelijen Barat mengatakan.

Reuters berbicara dengan pejabat intelijen Barat, sumber yang dekat dengan kepemimpinan Iran dan Israel serta seorang pembelot militer Suriah dan seorang perwira Suriah tentang penerbangan untuk artikel ini.

Ketika ditanya apakah Iran telah menggunakan pesawat bantuan kemanusiaan setelah gempa bumi untuk memindahkan peralatan militer ke Suriah guna meningkatkan jaringannya di sana dan membantu Assad, misi Iran untuk PBB di New York mengatakan: “Itu tidak benar.”

Pemerintah Suriah tidak menanggapi permintaan komentar. Sumber-sumber regional mengatakan kepada Reuters bahwa Israel dengan cepat menyadari aliran senjata ke Suriah dan melakukan kampanye agresif untuk melawannya.

Brigadir Jenderal Yossi Kuperwasser, orang dalam dan mantan kepala penelitian di tentara Israel serta mantan direktur jenderal Kementerian Urusan Strategis mengatakan, serangan udara Israel terhadap pengiriman bergantung pada intelijen yang sangat spesifik sehingga militer Israel tahu truk mana dalam jangka panjang adalah konvoi menuju sasaran.

Seorang pejabat pertahanan Israel, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya, mengatakan kepada Reuters: "Dengan kedok pengiriman bantuan gempa ke Suriah, Israel telah melihat pergerakan signifikan peralatan militer dari Iran, terutama diangkut sebagian."

Dia mengatakan bantuan itu terutama dikirim ke bandara Aleppo utara Suriah. Pengiriman diatur, katanya, oleh Unit 18000 divisi Suriah dari Pasukan Quds, spionase asing dan cabang paramiliter Garda Revolusi Islam (IRGC) Iran, yang dipimpin oleh Hassan Mehdoui.

Transportasi darat ditangani Satuan Angkutan 190 Pasukan Quds pimpinan Bahanem Shahariri, katanya. Reuters tidak dapat menghubungi Mehdoui dan Shahariri untuk memberikan komentar. GardaRevolusi menolak berkomentar.

“Serangan Israel juga menargetkan pertemuan komandan milisi Iran dan pengiriman chip elektronik untuk meningkatkan sistem senjata,” kata pembelot militer Suriah, Kolonel Abduljabbar Akaidi, yang mempertahankan kontak militer. Akaidi tidak mengatakan di mana pertemuan itu diadakan.

Landasan pacu Aleppo dihantam oleh Israel hanya beberapa jam setelah dua pesawat kargo Iran mendarat dengan pengiriman senjata dengan dalih bantuan kemanusiaan, kata sumber regional, informasi yang dikonfirmasi oleh dua sumber intelijen Barat lainnya.

Brigadir Jenderal Esmail Qaani, kepala Pasukan Quds Garda Revolusi, adalah pejabat asing pertama yang menginjakkan kaki di zona gempa Suriah, beberapa hari sebelum Assad sendiri tiba. Reuters tidak dapat menghubungi Qaani untuk dimintai komentar. Garda Revolusi menolak berkomentar.

Jika terjadi bencana kemanusiaan, pesawat bantuan PBB diizinkan untuk meminta hak mendarat dari otoritas lokal dan barang kemanusiaan dibebaskan dari sanksi. Dalam hal ini otoritas Suriah telah memberikan hak pendaratan untuk penerbangan langsung yang datang dari Rusia dan Iran.

“Gempa itu adalah bencana yang menyedihkan, tetapi pada saat yang sama itu adalah pertolongan Tuhan bagi kami untuk membantu saudara-saudara kami di Suriah dalam perjuangan mereka melawan musuh-musuh mereka. Banyak senjata dikirim ke Suriah segera,” kata sumber regional yang dekat dengan kepemimpinan ulama Iran.

Israel telah bertahun-tahun melakukan serangan terhadap apa yang digambarkannya sebagai target terkait Iran di Suriah, di mana pengaruh Teheran telah tumbuh sejak mulai mendukung Assad dalam perang saudara yang dimulai pada 2011.

Seorang perwira tentara Suriah yang meminta untuk tidak disebutkan namanya mengatakan Israel meningkatkan upaya untuk mengalahkan Iran di Suriah.

"Kenapa sekarang? Hanya karena mereka memiliki informasi bahwa sesuatu sedang dikembangkan dengan cepat. Mereka harus menghentikannya dan memukulnya untuk memperlambatnya. Gempa menciptakan kondisi yang tepat. Kekacauan yang terjadi memungkinkan jet Iran mendarat dengan mudah,” katanya.

Sebagai buntut dari gempa bumi lebih lanjut pada tanggal 3 April, sasaran Israel termasuk gudang senjata di pegunungan Jabal Manea Kiswa selatan Damaskus di mana pasukan Iran dan Hizbullah Lebanon telah membangun situs militer mereka yang paling dibentengi di Suriah, kata sumber keamanan regional dan dua sumber intelijen Barat.

Sebuah stasiun radar yang digunakan untuk drone juga dihantam rudal pada 3 April, sumber regional itu menambahkan, menguatkan apa yang dikatakan dua sumber intelijen Barat kepada Reuters.

“Kami percaya bahwa milisi Iran telah mengirimkan amunisi dalam jumlah besar, mereka telah mengisi kembali jumlah yang hilang dalam serangan pesawat tak berawak Israel sebelumnya,” kata sumber intelijen Barat, merujuk pada penerbangan Iran sejak gempa 6 Februari. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home