Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 09:49 WIB | Selasa, 25 April 2023

Dua Kapal Tongkang Hanyut Tabrak 35 Rumah Warga di Kalimantan Selatan

Rumah warga yang rusak ditabrak tongkang yang hanyut. (Foto: dok. Ist)

BANJARMASIN, SATUHARAPAN.COM-Dua kapal tongkang di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan menabrak 35 rumah warga sampai rusak. Kejadian tersebut disebabkan oleh cuaca ekstrem yang membuat kapal hanyut hingga menghantam permukiman warga.

"Kapal tongkang hanyut dan menabrak 35 rumah," kata Dirpolairud Polda Kalsel, Kombes Pol. Takdir Mattanete, hari Minggu (23/4/23).

Peristiwa tersebut terjadi di kawasan sungai Desa Keladan, Kecamatan Candi Laras Utara, Tapin pada hari Sabtu (22/4/23) sore. Dua kapal tongkang Rimau 3336 dan MZB awalnya tertambat di seberang sungai.

"Saat kejadian tersebut terjadi cuaca sedang hujan gerimis disertai dengan angin yang sangat kencang," katanya lebih lanjut.

Tiba-tiba tali tambat terlepas hingga membuat posisi dua kapal tongkang bergeser ke kawasan permukiman. Kapal tanpa muatan itu bergerak lalu menyeruduk rumah warga di pinggir sungai.

Ia menambahkan bahwa kejadian ini diduga terjadi lantaran cuaca ekstrem. Tiupan angin kencang membuat kapal bergerak hingga rumah rusak ditabrak kapal tongkang.

"(Cuaca ekstrem) diduga menjadi penyebab dua buah kapal tongkang yang sedang ditambatkan tersebut talinya terlepas hingga menyebabkan tongkang hanyut dan menabrak beberapa rumah warga," katanya.

Korban akibat insiden itu belum diketahui. Petugas masih melakukan pendataan terkait dampak kejadian ini.

"Saat ini pemeriksaan dan mendata ulang korban yang rumahnya hancur. Kerugian materiel sementara ada sebanyak 35 rumah warga dan kelotok atau perahu cis yang mengalami kerusakan atas kejadian tersebut," katanya.

Kerugian materiel akibat peristiwa itu ditaksir mencapai miliaran rupiah. Polisi pun masih melakukan olah TKP di lapangan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home