Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 19:36 WIB | Minggu, 21 Februari 2016

Dua Rusun Sudah Siap bagi Warga Kalijodo

Ilustrasi. Rumah susun di kawasan Jatinegara. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menyiapkan dua rumah susun bagi warga Kalijodo yang terkena gusur. Di antaranya adalah rusun Marunda dan Pulogebang.

“Marunda sekitar 275 (unit) , Pulogebang ada 120-an , kemudian itu ada 195-an di rusun yang lain,” kata Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemda DKI Ika Lestari Adji di Balai Kota DKI Jakarta, hari Jumat (19/2).

Dia menjamin bagi warga Kalijodo yang lolos seleksi untuk masuk rusun akan mendapatkan fasilitas dari Pemprov DKI yaitu Kartu Jakarta Pintar (KJP) bagi anak sekolah dan Kartu Jakarta Sehat (KJS) untuk pelayanan kesehatan warga.

Wali Kota Jakarta Utara, Rustam Effendi mengatakan, posko penanganan Kalijodo dipindah, dari awalnya di halaman kantor kecamatan ke halaman hotel Best Western Hariston. Hingga Minggu (21/2) sekitar pukul 15.00, sudah sebanyak 180 KK warga Kalijodo sudah terdaftar memohon relokasi. Jumlah tersebut diperkirakan masih terus bertambah.

Rustam memperkirakan ada sekitar 200 KK warga dari RW 05, Pejagalan, yang akan direlokasi. Sedangkan ketersediaan rusun, pihak Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta, sudah mengalokasikan sebanyak 350 unit.

"Artinya, masih banyak unit rusun yang tersedia. Warga Kalijodo yang ingin tinggal di rusun agar secepatnya mendaftarkan diri. Pemprov DKI akan mengakomodir transportasi pengangkutan barang dan warga yang pindah ke rusun," kata Rustam.

Sumiati (33), warga RT 05/05, Pejagalan, salah satu warga yang pindah ke Rusun Marunda, mengaku senang pemindahan dilakukan lebih cepat. Di Rusun Marunda, ia akan memulai hidup baru bersama bersama suami dan dua anaknya.

"Barang-barang sudah di dalam truk Satpol PP untuk dibawa ke rusun. Saya pindah tidak ada tekanan tapi kesadaran sendiri lebih cepat lebih baik," tandasnya. (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home