Loading...
EKONOMI
Penulis: Eben Ezer Siadari 13:18 WIB | Rabu, 11 Februari 2015

Dubes AS Puji Kebijakan Ekonomi Jokowi

Robert Blake (paling kanan) ketika menjadi salah satu panelis dalam konferensi yang diselenggarakan oleh The Economist di Hotel Shangri La Jakarta, Rabu (11/2). (Foto: Prasasta Widiadi)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert Blake, memberi apresiasi terhadap kebijakan ekonomi Presiden Joko Widodo dalam 100 hari kepemimpinannya. Ia terutama memuji keseriusan Jokowi dalam memotong birokrasi perizinan untuk investasi serta keberaniannya menghapus subsidi bahan bakar minyak (BBM).

"Saya melihat dia memiliki niat baik dan serius dalam hal itu," kata Robert Blake, ketika berbicara dalam konferensi yang diselenggarakan oleh majalah The Economist bertema "New Light or False Dawn?" di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu ini (11/2).

Di bidang politik, Robert Blake juga memberi apresiasi atas langkah-langkah Jokowi dalam memelihara relasi dengan parlemen. "Saya kira Presiden Jokowi memahami tantangan yang dihadapinya," kata Blake.

Meskipun demikian, Blake juga menyampaikan berbagai pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintahan Jokowi. Menurut Blake, dewasa ini semakin menguat keinginan Indonesia untuk membuat regulasi tentang kandungan lokal. Menurut dia, hal ini menjadi perhatian yang cermat dari investor asing.

Selain itu kesenjangan antara kualitas sumber daya manusia dengan lowongan pekerjaan yang tersedia, ia anggap sebagai tantangan lain pemerintahan Jokowi.

Namun, di atas semua itu, Blake mengatakan tantangan terbesar pemerintahan Jokowi adalah menegakkan kepastian hukum.

"Bagi investor, kepastian hukum itu sangat penting," kata dia.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home