Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 06:39 WIB | Minggu, 17 April 2016

Dubes AS untuk PBB Hibur Pengungsi Nigeria

Ilustrasi: Kamp yang diisi pengungsi yang menyelamatkan diri dari ancaman Boko Haram, di Burundi, Afrika. (Foto: unhcr.org).

ABUJA, SATUHARAPAN.COM –  Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Samantha Power, memulai kunjungan ke Afrika, negara pertama yang dituju yakni Nigeria.

Menurut keterangan resmi Kementerian Luar Negeri AS yang dikutip The News Nigeria, thenewsnigeria.ng hari Sabtu (16/4) mengatakan Power berada di Nigeria akan menemui beberapa pemimpin  Organisasi Masyarakat Sipil dan Presiden Nigeria, di Abuja, Nigeria.

Power kemudian dijadwalkan melakukan perjalanan ke wilayah Timur untuk mengunjungi kamp pemukiman bagi warga sipil yang mengungsi akibat kekerasan Boko Haram.  

“Setelah dari Nigeria, hari Senin (18/4) dia dijadwalkan mengunjungi Kamerun sebelum akhirnya melihat Danau Chad pada Rabu (20/4),” demikian keterangan resmi tersebut.

“Power  akan menghadiri  pertemuan di balai kota dengan mahasiswa dan bertemu beberapa pemuda dalam acara perdamaian dalam acara Olahraga Pemuda Nigeria,” demikian lanjut keterangan tersebut.

Beberapa waktu lalu, Kementerian Luar Negeri AS menjelaskan Boko Haram sebagai salah satu kelompok teroris paling mematikan di dunia, organisasi tersebut menebar ancaman kepada warga sipil di berbagai negara di Afrika.

Kementerian Luar Negeri AS menegaskan  janjinya untuk bekerja dengan mitra di wilayah tersebut dalam rangka usaha memerangi  Boko Haram.

“Lewat kampanye militer yang lebih terkoordinasi, meningkatkan akses kemanusiaan dan respon,” demikian lanjut keterangan resmi tersebut.

Di Kamerun, Power akan bertemu dengan pejabat pemerintah dan Lembaga Swadaya Masyarakat di ibu kota, Yaounde.

Power diagendakan melakukan kegiatan yang sama yakni menghibur para pengungsi yang mengalami ketakutan atas ancaman Boko Haram.

Power  akan berpartisipasi dalam kampanye pencegahan kehancuran  gading gajah dan trenggiling. “Hal ini menunjukkan adanya  kemitraan yang kuat dari AS dan Kamerun melawan perdagangan satwa liar,” demikian lanjut keterangan resmi tersebut. (thenewsnigeria.ng).

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home