Loading...
FOTO
Penulis: Francisca Christy Rosana 18:52 WIB | Rabu, 12 November 2014

Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai

KIB: "Ahok (Basuki) Will Never Walk Alone"
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Massa menggunakan topeng wajah Basuki saat menggelar aksi damai di depan kantor Balai Kota DKI Jakarta pada Rabu (12/11). Salah satu di antaranya memegang papan bertuliskan Apa Adanya, Harmonis, Orangnya Kreatif, yang apabila disingkat terbaca kata AHOK (Basuki). (Foto-foto: Francisca Christy Rosana)
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Seorang demonstran yang mewakili petugas kebersihan membawa balon berwarna oranye yang menyimbolkan agama Hindu.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Demonstran yang mewakili kelompok penjual jamu membawa jamu beserta gendongannya saat melancarkan aksi damai. Di dalam gendongannya terdapat foto Basuki.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Tiga orang mewakili petani, buruh, dan petugas kebersihan membawa papan Lanjutkan Program Prorakyat Untuk Jakarta Baru.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Tiga orang demonstran membawa spanduk bertuliskan Aksi Damai Perkumpulan KEBANGKITAN INDONESIA BARU Mendukung Bpk. Basuki Tjahaya Purnama (Ahok) Menjadi Gubernur DKI Jakarta Periode 2014-2017 Dengan Semangat Bhineka Tunggal Ika Kita Perkuat dan Kesatuan Warga Jakarta.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Perwakilan dari masyarakat Betawi beragama Islam menyerukan "Ahok adalah pemimpin yang bersih".
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Orator yang juga merupakan ustad mengatakan masyarakat dari berbagai lapisan mendukung Basuki menjadi gubernur DKI.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Perwakilan masyarakat Katolik dengan jubah pastur membawa balon dan bertopeng wajah Basuki.
Dukung Basuki, KIB Gelar Aksi Damai
Balon warna kuning dan ungu dengan gantungan bertuliskan Jakarta Baru Jakarta Kita dan gantungan bergambar wajah Basuki diterbangkan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Komunitas warga lintas etnis dan agama yang menamakan diri Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) pada Rabu (12/11) menggelar aksi damai mendukung Pelaksana Tugas Gubernur Basuki Tjahaja Purnama menjadi Gubernur Jakarta. Aksi ini menanggapi Front Pembela Islam yang menentang Basuki sebagai Gubernur DKI Jakarta.  

Massa KIB berkumpul di halaman Monumen Nasional (Monas) sebelum berjalan kaki menuju Balai Kota DKI Jakarta. Massa meneriakkan nama Basuki sepanjang jalan. 

Ketua KIB, Fanjin mengatakan bahwa sesuai konstitusi Basuki memang berhak menjadi gubernur. 

"Kami dari kelompok kaki lima, pelajar, pangkalan ojek, berbagai lapisan agama mendukung Basuki menjadi gubernur. Kita satu suara untuk mendukung Basuki," kata dia. 

Terkait ormas yang menolak Basuki, Fanjin menganggapnya wajar di negara demokrasi. 

"Itu terserah persepsi mereka, ini demokrasi. Tetapi kami dari KIB tetap mendukung Basuki menjadi presiden. Basuki layak karena dia rela mati demi konstitusi," ujarnya. 

Hasudungan Napitupulu, anggota KIB yang turut berorasi mengatakan masalah gaya kepemimpinan Basuki yang arogan, KIB menilai itu juga hanya persepsi subjektif seseorang, 

"Yang penting dia sebagai pejabat telah menjalankan ketentuan yang berlaku, telah tegas, dan dapat mengakomordir masyarakat DKI untuk membangun DKI yang lebih baik. Kami KIB secara tegas mendukung Basuki," kata Hasudungan. 

Orator Anastasia Sianturi menjelaskan aksi damai diikuti oleh kurang lebih 200 orang. Massa membawa balon udara sebagai lambang persatuan agama. 

"Balon mewakili enam agama yang diakui di Indonesia, warna merah untuk agama Buddha, warna oranye untuk agama Hindu, warna kuning untuk agama Konghucu, warna putih untuk agama Kristen Protestan, warna ungu untuk agama Katolik, dan warna hijau untuk agama Islam," katanya. 

Anastasia menuntut pelantikan Basuki agar Jakarta memiliki pemimpin yang bersih dan prorakyat, katanya.

"Kami ingin tidak ada pengunduran peresmian Basuki lagi. Kalau ada pengunduran, kami akan bergerak lagi," kata Anastasia dengan menekankan KIB akan tetap menjunjung aksi damai dan tidak akan radikal. 

"Beliau berhak dilantik menjadi gubernur. Kita membutuhkan beliau menjadi pemimpin yang bersih. Kami mendukung Ahok dengan tagline Ahok Will Never Walk Alone (Basuki Tidak Akan Berjalan Sendiri)," kata Anastasia. 


Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home