Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:44 WIB | Minggu, 01 Juni 2014

Dukungan Dahlan Berpengaruh Signifikan Bagi Jokowi-JK

Pengamat politik Victor Silaen. (Foto: Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pengamat politik Victor Silaen memandang posisi Dahlan Iskan sebagai pemilik media besar tidak bisa dipungkiri akan berpengaruh signifikan bagi pemenangan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla dalam Pilpres 9 Juli 2014.

"Pengaruh dukungan Dahlan Iskan sangat signifikan menurut saya. Dahlan Iskan merupakan bos jaringan media yang terbilang besar, dia juga memiliki pengagum dan penggemar di seantero Indonesia," kata Victor dihubungi dari Jakarta, Minggu (1/5).

Dia menjelaskan Dahlan Iskan sebagai pemilik media besar dapat memberikan sumbangan dua hal, pertama Dahlan Iskan bisa mendongkrak pencitraan sekaligus mengampanyekan Jokowi-JK lewat jaringan medianya yang luas, baik cetak maupun online, yang tersebar di banyak daerah, baik Jawa maupun luar Jawa.

Kedua, menurut Victor, Dahlan Iskan sebagai pemilik jaringan media yang terbilang besar juga perkataan atau instruksinya niscaya diikuti oleh para karyawannya.

Sementara itu di sisi lain pengagum dan penggemar Dahlan di seantero Indonesia yang belakangan mampu membawanya menang dalam Konvensi Capres Partai Demokrat dinilai akan ikut mendukung Jokowi-JK.

"Faktor-faktor itu lah yang niscaya menambah kekuatan dalam perjuangan kubu Jokowi-JK memenangi Pilpres 9 Juli," ujar Victor.

Sebelumnya Dahlan Iskan mendeklarasikan dirinya mendukung pasangan Jokowi-JK, karena merasa memiliki kesamaan dengan kedua sosok tersebut.

Dahlan merasa spontanitas yang dimilikinya ada juga pada diri Jokowi, sedangkan pembuatan terobosan yang kerap dilakukannya terefleksikan pada diri JK

Namun Victor Silaen mengingatkan Dahlan Iskan agar tidak bekerja terlampau keras dalam memberikan dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla.

"Kalau terlalu keras nanti dikhawatirkan akan mengganggu kerjanya sebagai Menteri (BUMN). Itu juga nanti malah bisa membuat kubu Prabowo-Hatta `menyerang` balik Jokowi-JK," kata Victor dihubungi dari Jakarta, Minggu. 

Victor menilai dalam perjuangan memberikan dukungan bagi Jokowi-JK, Dahlan Iskan tidak perlu bekerja laiknya anggota Tim Sukses Jokowi-JK.

Dahlan sebagai pemilik jaringan media yang tergolong cukup besar cukup "mengaktifkan" medianya serta mengalang suara para pengagumnya untuk ikut mendukung Jokowi-JK. 

"Dahlan Iskan cukup minta diwawancarai dua hari sekali dan hasil wawancara tersebut disebar di semua jaringan medianya, baik cetak maupun online. Pada akhirnya nanti kita akan melihat hasilnya yang niscaya positif untuk pemenangan Jokowi-JK," ujar dia. 

Sebelumnya Dahlan Iskan mendeklarasikan dirinya mendukung pasangan Jokowi-JK, karena merasa memiliki kesamaan dengan kedua sosok tersebut.

Dahlan merasa spontanitas yang dimilikinya ada juga pada diri Jokowi, sedangkan pembuatan terobosan yang kerap dilakukannya terefleksikan pada diri JK. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home