Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 17:30 WIB | Jumat, 14 Agustus 2015

Ekonomi Yunani Tumbuh 1,8 Persen di Kuartal Kedua 2015

Ilustrasi mata uang euro. (Foto: bbc.co.uk)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM – Pertumbuhan ekonomi Yunani tercatat naik 0,8 persen di kuartal kedua 2015, menurut estimasi badan statistik nasional pada Kamis (13/8), setelah negara itu berhasil lolos dari resesi di kuartal pertama dengan pertumbuhan yang masih datar.

Perekonomian Yunani sempat membukukan pertumbuhan nol di kuartal pertama tahun ini, selepas mengalami kontraksi 0,2 persen di kuartal terakhir 2014.

Angka tersebut menunjukkan pertumbuhan di kuartal kedua ini naik 1,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama dengan tahun sebelumnya.

Estimasi sebelumnya dari badan tersebut menunjukkan, perekonomian turun 0,4 persen di periode akhir 2014, dan 0,2 persen di kuartal pertama tahun ini.

Berita tersebut muncul saat parlemen bersiap untuk melakukan pemungutan suara pada Kamis tentang kesepakatan dana talangan baru sebesar 85 miliar euro (sekitar 1.300 triliun rupiah), dengan kreditor internasional, sebagai bagian dari rencana penyelamatan ketiga dalam setengah dekade.

Athena dan kreditornya mendapat tekanan agar menyetujui rancangan kesepakatan tepat waktu guna memenuhi jatuh tempo pada 20 Agustus untuk pembayaran sekitar 3,4 miliar euro (sekitar 52,1 triliun rupiah) yang Yunani pinjam dari Bank Sentral Eropa.(AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home