Loading...
DUNIA
Penulis: Martha Lusiana 18:34 WIB | Rabu, 05 Agustus 2015

Menkeu Yunani Yakin Capai Kesepakatan Bailout 20 Agustus

Menteri Keuangan Yunani, Euclid Tsakalotos. (Foto: AFP)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM – Menteri Keuangan Yunani, Euclid Tsakalotos, pada Selasa (4/8), menyatakan keyakinannya bahwa Athena akan mencapai kesepakatan dengan para kreditor terkait dana talangan (bailout) yang baru pada 20 Agustus mendatang.

Tanggal tersebut merupakan waktu jatuh tempo pembayaran utang Yunani kepada Bank Sentral Eropa (ECB).

“Setidaknya sesuai dengan harapan kami,” ujar Tsakalotos seusai pertemuan dengan negosiator dari para kreditor, yakni Uni Eropa, ECB, dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Ia menambahkan, rencana tersebut tidak lebih buruk dan justru lebih baik daripada harapan dia semula.

Yunani sedang mencari dana talangan besar-besaran ketiga dari kreditor dalam upaya untuk menghindari gagal bayar (default) dan tersingkir dari zona euro akibat utang.

Kedua belah pihak berada di bawah tekanan untuk menuntaskan kesepakatan sebelum 20 Agustus. Athena memiliki beban sebesar 3,4 miliar euro atau senilai 49 triliun rupiah kepada ECB. Jika kesepakatan tidak tercapai, Yunani harus mencari bantuan darurat untuk membayar utangnya.

Namun demikian, Tsakalotos mengatakan belum ada pembicaraan dengan para kreditor mengenai pinjaman darurat tersebut.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Prancis, Michel Sapin, pada Minggu (2/8), mengatakan bahwa Menteri Keuangan Jerman, Wolfgang Schaeuble, telah keliru mengusulkan Yunani keluar sementara dari zona euro akibat utang. Sebab, menurut Sapin, hal tersebut bisa membangkitkan perselisihan yang nyata.

“Menurut saya, Schaeuble keliru bahkan berlawanan dengan komitmennya terhadap Eropa,” ujar dia dalam wawancara yang dipublikasikan pada Senin (3/8) di harian bisnis Jerman HandelsblattHal tersebut ia katakan agar ada penguatan di zona euro.

Membahas Grexit saat ini, keluarnya Yunani dari zona mata uang bersama Eropa, seperti yang dibahas dalam pembicaraan Brussel pada pertengahan Juli, “tidaklah realistis,” kata Sapin menegaskan, seraya mengakui bahwa mitra asal Jerman tersebut tidak berbicara secara taktis namun dengan penuh keyakinan.

Bulan lalu, para menteri keuangan zona euro telah memasukkan sebuah opsi agar Yunani keluar secara sementara dari euro jika gagal menyepakati perjanjian dana talangan, menurut dokumen yang diperoleh AFP.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home