Loading...
BUDAYA
Penulis: Ignatius Dwiana 22:29 WIB | Sabtu, 25 Januari 2014

Eksposisi Satu Hadirkan Belahan Jiwa atau Jodoh

Eksposisi Satu Hadirkan Belahan Jiwa atau Jodoh
Pengunjung pameran. (Foto-foto: Ignatius Dwiana)
Eksposisi Satu Hadirkan Belahan Jiwa atau Jodoh
Pengunjung pameran.
Eksposisi Satu Hadirkan Belahan Jiwa atau Jodoh
Karya foto Christina Phan.
Eksposisi Satu Hadirkan Belahan Jiwa atau Jodoh
Karya foto Christina Phan.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Belahan jiwa atau jodoh adalah seseorang yang memiliki perasaan mendalam atau persamaan alami bersama yang lain. Nilai dan selera yang sama. Ini menjadi ikatan romantis. Bisa jadi melibatkan kemiripan, cinta, keintiman, seksualitas, aktifitas seksual, kecocokan, rasa percaya, hingga spiritualitas.

Belahan jiwa atau jodoh seseorang bersama orang lain melewati sebuah proses penyatuan yang terbentuk dari jalinan hubungan mendalam di antara mereka. Rasa dekat atau keakraban satu sama lain terjalin. Ini sering ditemukan di antara keluarga, pertemanan, dan juga di antara pasangan. Seseorang karena itu bisa jadi memiliki banyak belahan jiwa di dalam hidupnya dalam kurun waktu yang sama, dan tidak hanya terjadi dalam jalinan yang romantis.

Kesamaan atau kemiripan dalam banyak hal terdapat di antara dua pribadi juga tidak dapat dianggap langsung belahan jiwa. Jalinan hubungan ini terbentuk dari proses pembelajaran terus menerus di dalam diri dan di antara mereka. Seiring waktu tanpa disadari mereka menyatu atau melengkapi satu sama lain. Saat itulah mereka dapat dikatakan belahan jiwa.

Konsep ini yang disajikan dalam 26 karya foto Christina Phan dalam pameran fotografi ‘Eksposisi Satu’. Dia memadukan atau menyatukan dua wajah dari pelbagai pasangan, mengerucut kepada pasangan yang terikat dalam pernikahan dan dibedakan dari masa pernikahannya.  

Perpaduan atau penyatuan dua wajah memperlihatkan proporsi harmoni maskulin dan feminin. Soal berjodoh tidaknya, belahan jiwanya atau tidak, tergantung dari ikatan romantis dalam hubungan mereka. Proporsi harmoni ini seolah menguji, bila sehati, wajah pun menjadi serupa. Bila serupa tentu berjodoh.

Pameran fotografi ‘Eksposisi Satu’ berlangsung dari Jum’at (24/1) hingga Jum’at (7/2) di Marsio Fine Art Gallery Jakarta.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home