Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 21:47 WIB | Rabu, 09 Oktober 2013

Empat Ton Gading Gajah Selendupan Disita Bea Cukai Kenya

Gading-gading gajah ilegal yang disita. (Foto: voa.com )

NAIROBI, SATUHARAPAN.COM - Petugas bea cukai Kenya menyita hampir empat ton gading gajah dalam dua pengiriman terpisah di tengah lonjakan perburuan liar hewan-hewan yang terancam punah, pada Rabu ini (9/10).

Menurut pejabat Revenue Authority (Bea Cukai) Kenya, Fatma Yusuf, satu paket kiriman gading seberat 1.900 kilogram ditemukan pada Jumat yang lalu di kota pelabuhan Samudra Hindia. Paket itu dikirim dari Mombasa dan tersembunyi di bawah kantong biji wijen. Sementara itu, dua ton gading ditemukan dalam wadah lain yang disembunyikan dengan cara yang sama, yang akan dikirim ke negara Turki.

Penyitaan tersebut merupakan yang terbaru dari beberapa gading raksasa yang ditemukan dari ratusan gajah yang dibantai. Selain gading gajah itu, lebih dari 500 kilogram sisik trenggiling turut disita. Sisik trenggiling sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional dan dijadikan bahan aksesori fashion di Asia.

Seperti diberitakan media di Afrika, perburuan gajah, badak dan hewan lainnya terus meningkat tajam di Kenya dalam beberapa tahun terakhir. Sejumlah kawanan gajah telah dibantai hanya untuk diambil gadingnya.(Antara)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home