Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 05:49 WIB | Minggu, 21 Mei 2023

Epidemi Kesepian: Pasca COVID-19, Banyak Orang Berjuang Menjalin Relasi

Seorang pria berjalan sendirian di pinggir sungai Dubai tempat kapal memuat barang, di Dubai 24 November 2013. (Foto: dok. Reuters)

SATUHARAPAN.COM-Ketika wabah COVID-19 menyebar, pemerintah di seluruh dunia terpaksa mengeluarkan keputusan penguncian (lockdown) nasional dan tindakan tanpa kontak yang ketat.

Itu adalah sumber daya sangat diarahkan untuk menemukan cara menghadapi konsekuensi dari penyakit baru dan asing yang membunuh ribuan orang setiap hari.

Di tengah semua ketidakpastian, profesional medis dan peneliti memperhatikan bahwa wabah COVID-19 semakin memperburuk epidemi yang sudah ada, yaitu kesepian.

Tetapi di dunia pasca wabah coronavirus, masalah ini tetap ada, dan berpotensi lebih berdampak pada kesehatan daripada obesitas atau merokok.

Apakah Aku Kesepian

Kesepian digambarkan sebagai perasaan sendirian dan terisolasi, dan belum tentu sendirian. Ini adalah keadaan pikiran ketika kita mendambakan koneksi tetapi tidak bisa mendapatkannya.

Manusia berkembang dalam koneksi, Neha Qazi, Psikoedukator Keluarga dan Penghubung Sekolah di Thrive Wellbeing Centre di Dubai, mengatakan dikutip Al Arabiya English.

“Kesendirian dapat digambarkan sebagai tidak adanya, atau terbatasnya, hubungan ini,” katanya. Kesepian mungkin merupakan pengalaman universal, tetapi unik untuk setiap individu, jelas Qazi.

“Bagaimana seseorang menimbang ketidakhadiran atau batasan ini bervariasi dan unik untuk pengalaman pribadi mereka. Beberapa mungkin mengukurnya dengan menimbangnya terhadap nilai sosial mereka, sementara yang lain mungkin menganggapnya sebagai proses kenyamanan internal dengan diri dan hubungan pikiran dan tubuh.

Menurut Qazi, kliennya seringkali tidak menyadari bahwa yang mereka alami adalah kesepian karena mereka mungkin kurang memiliki kesadaran emosional dan kosa kata untuk mengidentifikasi dan menamai pengalaman tersebut.

Sebaliknya, mereka mungkin berbicara tentang dampak kesepian dalam hidup mereka, seperti perasaan tertekan apakah mereka sendirian atau di antara orang lain, cemas dalam lingkungan sosial, atau tidak puas dengan hubungan mereka.

Pengalaman Yang Berbahaya

Bahaya kesepian pada manusia sangat merugikan kesehatan kita sehingga Jenderal Ahli Bedah Amerika Serikat, Vivek Murthy, mengeluarkan nasihat setebal 82 halaman tentang masalah ini awal bulan ini.

Laporan tersebut menyoroti bagaimana kurangnya hubungan sosial secara signifikan terkait dengan peningkatan risiko kesehatan.

Kesepian menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular, demensia, stroke, dan kematian dini yang lebih besar, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

Institut Penuaan Nasional AS juga menemukan bahwa merasa kesepian memiliki dampak kematian yang sama dengan merokok hingga 15 batang sehari, lebih besar daripada risiko yang terkait dengan obesitas dan kurangnya aktivitas fisik.

Menurut Family Psychoeducator and School Liaison di Dubai’s Thrive Wellbeing Centre Qazi, konsekuensi mental dari merasa sendirian meliputi stres, depresi, kecemasan sosial, dan gangguan kemampuan kognitif, yang semuanya dapat memengaruhi pengambilan keputusan, penalaran, dan penilaian.

Konsekuensi fisik dari kesepian juga mencakup perilaku pengambilan risiko, perilaku anti sosial, penyalahgunaan zat, dan bahkan perubahan fungsi otak, katanya.

Sementara ini paling banyak diamati, ada banyak konsekuensi lain bagi tubuh dan kesehatan mental kita karena kesepian dapat menyebabkan stress, efeknya tidak dapat diprediksi dan eksponensial, tambahnya.

Dikelilingi Banyak Orang, Tapi Merasa Sendiri

Orang yang dinggal di Uni Emirat Arab (UEA) dari lebih dari 200 negara, dan ekspatriat membuat 88,52 persen dari populasi, menurut Global Media Insight.

Di negara yang menempati peringkat negara Arab paling bahagia di World Happiness Report, kehadiran kesepian di antara penduduknya mungkin bisa dianggap remeh.

Lingkungan yang serba cepat, seperti yang mungkin ada di kota sibuk seperti Dubai, menyaksikan ekspektasi kinerja dan perilaku yang tidak realistis dan tidak sehat, kata Qazi kepada Al Arabiya English.

Beberapa orang mungkin berkembang dalam lingkungan yang serba cepat, tetapi yang lain mungkin merasa tertekan untuk mencapainya dan tidak berhasil, katanya.

“Tekanan ini bisa ada di tempat kerja, sosial, atau bahkan rumah tangga. Saat menjalankan tugas, kita sering mengabaikan kebutuhan untuk berhenti sejenak, merefleksikan diri, dan mempertimbangkan kembali keinginan kita,” jelas Qazi.

Selain itu, saat pindah ke negara baru misalnya, perincian logistic, menemukan peluang kerja yang cocok, tempat tinggal, dan mengamankan keuangan, seringkali diprioritaskan.

Apa yang mungkin diabaikan adalah apakah lingkungan kerja itu sehat, demografi rekan kerja, peluang untuk asimilasi dan ekspresi budaya tersedia, dan yang paling penting, ada peluang untuk berjejaring secara sosial, menurut Qazi.

“Jejaring sosial dapat dibentuk melalui pekerjaan atau komunitas yang hidup tetapi sering dianggap biasa, dengan asumsi bahwa itu akan terjadi secara alami,” katanya.

Penting bagi individu untuk mencari komunitas dan aktivitas di mana mereka mungkin menemukan rasa keakraban yang mereka dambakan, seperti kelompok berbasis minat atau komunitas kota dengan kewarganegaraan yang sama.

Grup 'Dubai Expat Community' di Facebook melakukan hal itu. Grup ini tidak hanya menyediakan platform bagi ekspatriat untuk mengajukan segala macam pertanyaan dan saran, tetapi juga tempat yang aman untuk melakukannya tanpa merasa dihakimi atau dikucilkan.

 “Grup Facebook Komunitas Ekspatriat Dubai bertujuan untuk memanfaatkan kekuatan pengetahuan kolektif anggotanya untuk menasihati, memberi nasihat, dan memberikan kiat, panduan, dan 'dos' dan 'don’ts' umum yang berguna untuk membantu 93.000+ anggotanya berhasil menjalani hari, cobaan hidup di Dubai dan UEA hari ini,” kata Katie Jones, pemilik Dubai Expat Community di Facebook, kepada Al Arabiya English.

“Selain dari sisi praktis, anggota sering ingin bersosialisasi dan bertemu. Jika Anda seorang ekspatriat solo yang dibawa ke UEA untuk mendapatkan kesempatan kerja baru, seringkali begitu mudah untuk benar-benar terjebak dalam hari-hari kerja dan akhirnya mencapai akhir pekan tanpa bertemu siapa pun dan tidak ada yang harus dilakukan,” dia menambahkan.

Grup tersebut saat ini sedang mengerjakan acara fisik untuk menyatukan anggota, tambah Jones.

Membingkai Ulang Kesepian

Bekerja untuk membentuk, atau mereformasi, koneksi adalah solusi langsung yang paling efektif untuk mengatasi kesepian, menurut Qazi. Menormalkan kesepian juga merupakan faktor kunci, katanya.

“Menormalkan kesepian untuk diri kita sendiri adalah kuncinya. Bersabar dengan diri sendiri, mengakui bahwa kita berjuang untuk terhubung dengan diri kita sendiri atau orang lain, dan memiliki belas kasihan untuk diri kita sendiri (diperlukan).”

Sama pentingnya dengan memperbaiki hubungan kita dengan orang lain, individu juga harus mencari kenyamanan di dalam diri mereka sendiri.

Mereka harus meluangkan waktu untuk terhubung dengan diri mereka sendiri, baik melalui aktivitas perawatan diri seperti spa di rumah atau berjalan-jalan di sekitar lingkungan.

“Saya bertanya-tanya apa yang akan terjadi jika kita mencari kenyamanan dalam berhubungan dengan diri sendiri, menemukan aktivitas yang dapat dilakukan sendiri, dan mengembangkan kebiasaan yang memperkuat perasaan positif tentang diri sendiri,” tambahnya. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home