Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 21:08 WIB | Jumat, 10 Maret 2023

Erdogan: Pemilihan Presiden dan Parlemen Turki 14 Mei

Ini sebulan lebih cepat dari yang direncanakan.
Presiden Turki. Recep Tayyip Erdogan, berpidato setelah menandatangani keputusan pemilu di Ankara, Turki, hari Jumat, 10 Maret 2023. (Foto: Reuters)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, secara resmi menetapkan pemilihan parlemen dan presiden Turki pada 14 Mei, sebulan lebih cepat dari jadwal. Dia menandatangani keputusan dalam upacara yang ditayangkan langsung di televisi pada hari Jumat (10/3).

“Bangsa kita akan pergi ke tempat pemungutan suara untuk memilih presiden dan anggota parlemennya pada 14 Mei,” kata Erdogan dalam pidatonya setelah menandatangani keputusan pemilihan.

Erdogan menetapkan waktu untuk ujian terbesar dari pemerintahannya selama 20 tahun yang akan memutuskan tidak hanya siapa yang memimpin Turki tetapi juga bagaimana pemerintahannya, ke mana arah ekonominya dan peran apa yang mungkin dimainkannya untuk meredakan konflik di Ukraina dan Timur Tengah.

Pada hari Senin, aliansi oposisi utama enam partai Turki menunjuk Kemal Kilicdaroglu, pemimpin Partai Rakyat Republik (CHP), sebagai calon presidennya untuk menantang Erdogan.

Jajak pendapat menunjukkan bahwa pemilihan presiden dan parlemen akan ketat, dengan blok oposisi berjalan sedikit di depan aliansi yang memerintah.

Blok tersebut telah berjanji untuk membalikkan banyak kebijakan Erdogan tentang ekonomi, hak-hak sipil dan urusan luar negeri dalam apa yang dilihat banyak orang sebagai pemilihan paling penting dalam sejarah 100 tahun republik itu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home